Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Selama Mudik Lebaran 2019

Berita Otomotif

Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Selama Mudik Lebaran 2019

JAKARTA - Pertamina akan selalu memantau persediaan BBM di sepanjang tol Trans Jawa secara real time.

Di tahun ini, pemudik yang menggunakan mobil diprediksi semakin banyak karena tol Trans Jawa dan Trans Sumatera telah beroperasi. Pertamina memprediksi total akan ada 200-400 ribu pengguna tol setiap hari selama mudik Lebaran 2019.

Guna memenuhi kebutuhan pemudik, Pertamina telah menyiapkan total 99 SPBU yang dikelola secara langsung di sepanjang ruas tol Trans Sumatera dan Trans Jawa. SPBU tersebut diklaim mampu menampung kurang lebih 570 ribu kendaraan setiap harinya.

Total 16 SPBU dapat ditemui pemudik di tol Trans Sumatera dan total 83 SPBU berada di tol Trans Jawa. Total 44 SPBU tersebut dipastikan akan terus beroperasi setelah Lebaran 2019 sedangkan 55 SPBU lainnya merupakan SPBU sementara.

Sedangkan untuk di jalur mudik Pulau Jawa dan Sumatera, Pertamina telah menyiapkan kurang lebih 800 SPBU yang dikelola sendiri. Selain itu, 1.000 SPBU sepanjang tol Trans Jawa akan selalu dipantau secara real time oleh Pertamina guna memastikan pasokan BBM selama proses mudik Lebaran 2019.

“Kami pastikan setiap SPBU tidak akan kekurangan BBM selama mudik lebaran tahun ini. Kami akan selalu memantau persediaan BBM di setiap SPBU yang ada di tol Trans Jawa secara real time dari kantor pusat kami,” tutur Fajriyah Usman, VP Corporate Communication Pertamina.

Setiap transaksi yang dilakukan di setiap SPBU akan dipantau secara langsung dan apabila persediaan stok BBM mencapai batas tertentu. Pihak Pertamina telah menyiapkan skenario khusus untuk melakukan pengiriman BBM ke SPBU tersebut dengan cepat.

“Selama lebaran, lalu lintas pasti sangat padat dan cukup menyulitkan dalam mendistribusikan BBM ke SPBU kami. Tapi konsumen tidak perlu khawatir akan hal tersebut, kami memiliki rencana khusus untuk memastikan setiap SPBU kami tidak kehabisan stok BBM,” tambah Fajriyah.

Meski lonjakan pemudik dengan menggunakan mobil di tahun ini pasti meningkat, Pertamina juga menjamin kesediaan BBM pasca Lebaran 2019. Sehingga konsumen Indonesia tidak perlu khawatir akan kehabisan BBM selama pra Lebaran hingga pasca Lebaran tahun ini. [Amo/Ari]



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar