Penjualan Suzuki Mulai Bangkit Setelah PSBB Dilonggarkan

Berita Otomotif

Penjualan Suzuki Mulai Bangkit Setelah PSBB Dilonggarkan

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil meningkatkan penjualannya di bulan Juni 2020.

Sejak mulai dilonggarkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penjualan kendaraan di Indonesia mulai membaik. Perbaikan tersebut pun turut dirasakan oleh PT SIS yang berhasil memperbaiki penjualannya di bulan Juni 2020.

“Banyak masyarakat yang menunda membeli mobil karena adanya pembatasan aktivitas. Tapi sekarang kegiatan masyarakat dan logistik sudah mulai pulih. Selain itu, penggunaan mobil pribadi menjadi alternatif untuk mengurangi risiko terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” ungkap Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Secara umum, penjualan retail Suzuki meningkat dari 12,9% di bulan Mei menjadi 14,1% di bulan Juni. Kontribusi terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar retail sales ini berasal dari Suzuki Carry Pick Up sebesar 56,8%. Setelah itu disusul Suzuki XL7 sebesar 13,5% dan SUzuki Ertiga sebesar 12,1%. Selain itu, model-model lain seperti SX4 S-Cross, Baleno, Jimny dan Ignis memberikan kontribusi 10,1% dari total penjualan Suzuki di bulan Juni.

Hasil ini menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap mobil komersial masih besar dan melebihi penggunaan kendaraan penumpang. Hal ini terjadi mengingat banyak bermunculan UMKM yang membutuhkan kendaraan operasional, serta kegiatan logistik dan pengiriman meningkat.

“Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi Suzuki Carry tetap tinggi. Tapi kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti produk lokal terbaru andalan Suzuki, yaitu XL7,” pungkas Donny.

Berinovasi

Drive

Sejak pandemi di Indonesia merebak dan PSBB dilakukan, jumlah penjualan kendaraan di Indonesia memang mengalami penurunan yang cukup besar. Akibatnya, Gaikindo pun menurunkan target penjualannya hingga hanya mencapai 600.000 kendaraan.

Beratnya kondisi ini membuat sejumlah industri otomotif melakukan beragam inovasi, termasuk dengan meningkatkan penjualan kendaraan secara online. Hal inilah yang mendorong Mobil123.com, portal otomotif nomor 1 di Indonesia untuk menggelar Mobil123 DRIVE Virtual Expo 2020.

Ajang ini merupakan sebuah inovasi terbaru dari Mobil123.com untuk mempertemukan antara penyedia kendaraan dengan pembeli kendaraan. Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 25 Juli hingga 2 Agustus 2020. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar