Penjualan Mobil Agustus 2020 Membaik, Tapi Belum Pulih

Berita Otomotif

Penjualan Mobil Agustus 2020 Membaik, Tapi Belum Pulih

JAKARTA – Penjualan mobil Agustus 2020 mulai membaik bila dibandingkan pada Juli 2020. Penjualan mobil Agustus 2020 berhasil mencapai angka sekitar 37.300 unit.

Angka ini meningkat sekitar 47,5% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya berhasil meraih angka sebesar 25.283 unit.

Sementara untuk penjualan mobil bulan Agustus 2020 dari sisi retailsales, hasil positif juga berhasil diraih. Angka retailsales sepanjang Agustus diklaim berhasil meraih angka sebesar 37.700 unit, lebih besar 5,2% ketimbang pada bulan Juli yang hanya mencapai 35.799 unit.

Sayangnya, kondisi tersebut terancam dapat kembali menurun setelah Pemerintah DKI Jakarta memutuskan untuk menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan ini dilakukan setelah meningkatnya jumlah penderita Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Jakarta.

Padahal, penjualan mobil Agustus 2020 merupakan yang tertinggi setelah pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Sejumlah APM berharap perbaikan ini bisa terus berlajut hingga ke titik normal meski perjalanannya terbilang sangat lambat.

Pembeli Mobil Baru Hanya Sekelompok Tertentu

Penjualan kendaraan

Kondisi penjualanan mobil di tahun ini memang berat dan sudah disadari oleh seluruh APM (agen pemegang merek) di Indonesia. Meski demikan, APM kendaraan di Indonesia tetap optimis bahwa pasar ke depannya akan semakin.

“Saat ini memang orang-orang tidak memikirkan membeli mobil. Mereka yang membeli mobil di tengah pandemi hanyalah beberapa orang saja. Mereka adalah orang-orang yang memang benar-benar butuh mobil atau memang memiliki kemampuan financial baik,” terang Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Hal inilah yang benar-benar dimaksimalkan oleh Daihatsu untuk dapat mengerek penjualan mobil Agustus 2020. Mereka memiliki varian kendaraan niaga yang saat ini digawangi oleh Daihatsu Gran Max baik pick up maupun minivan.

“Pada masa pandemi kami melihat bahwa penjualan kendaraan penumpang memang sangat menurun namun kendaraan komersial masih bertahan. Ini dikarenakan meski adanya pandemi, kegiatan bisnis tetap harus berjalan dan mereka butuh kendaraan untuk menjalankan bisnisnya,” tambahnya.

Hal ini memang cukup terbukti bila melihat data penjualan mobil Daihatsu di bulan Agustus 2020. Daihatsu Gran Max berada di posisis kedua, di bawah Daihatsu Sigra yang memang belakangan ini mendominasi penjualan.

PSBB II

Namun semua hasil positif tersebut terancam akan mengalami penurunan kembali. Hal ini karena 

PSBB II 

Namun semua hasil positif tersebut terancam akan mengalami penurunan kembali. Hal ini karena PSBB II resmi dilakukan setelah terjadinya lonjakan kasus PSBB di DKI Jakarta yang mengakibatkan mobilitas masyarakat menjadi terganggu.

“Dianjurkan untuk tidak berpergian, kecuali untuk keperluan mendesak. Kecuali untuk aktivitas dalam usaha esensial yang memang diperbolehkan,” tegas Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Meski demikian, aturan PSBB II ini tidak seketat sebelumnya. Untuk itu, bukan tidak mungkin penjualan masih dapat terkerek meski pandemi belum selesai.

Apakah penjualan di September dan bulan-bulan sesudahnya akan sebaik penjualan mobil Agustus 2020? Semoga saja demikian. [Adi/Idr]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar