Nasib GIIAS 2020 di Serpong dan Surabaya Masih Tak Menentu

Berita Otomotif

Nasib GIIAS 2020 di Serpong dan Surabaya Masih Tak Menentu

JAKARTA – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 berpeluang mundur lagi atau bahkan batal gara-gara pandemi virus Corona (Covid-19). Nasib pameran tersebut, khususnya yang bakal berlangsung di Serpong, akan dikaji ulang pada Agustus mendatang sedangkan pameran di Surabaya 'sudah mendapat keputusan' yang belum mau dipublikasikan.

Seperti diketahui, rentetan GIIAS 2020 di berbagai daerah telah mengalami pembatalan maupun pemunduran, sebagai efek dari pandemi yang menyusup ke negeri ini sejak Maret silam. Pameran di Surabaya yang awalnya ingin digelar pada Maret mundur ke September, sedangkan pagelaran di Makassar maupun Medan yang tadinya bakal berlangsung pada semester kedua ini dibatalkan.

Adapun pameran utama, yang berlokasi di Serpong mundur ke akhir Oktober. Tadinya, tanggal pelaksanaannya pada 7 – 17 Agustus.

“Sementara GIIAS masih sesuai jadwal. Tapi semua tentu akan tergantung dari kondisi pandemi Covid-19 ini,” ucap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GIIAS), ketika dihubungi Mobil123.com pada Rabu (15/7/2020) kemarin.

Ia tak memungkiri pameran otomotif yang diklaim terbesar se-Asia Tenggara tersebut masih bisa mundur maupun batal. Pasalnya, jumlah kasus penderita Corona di negeri ini masih terus meningkat.

Per 15 Juli, ada 80.094 kasus positif Covid-19 di Nusantara, bertambah 1.522 orang. Sebanyak 39.050 di antaranya sembuh, sedangkan 3.797 lainnya meninggal dunia.

Gaikindo, lanjut Nangoi, bakal melihat kondisi dua bulan sebelum pagelaran utama di Serpong yaitu pada Agustus. Jika ketika itu situasi belum memungkinkan, GIIAS Serpong bisa jadi mundur lagi atau batal.

“Takutnya, kalau kami sudah batalkan sekarang ternyata dalam waktu dekat kondisi bisa membaik, sayang juga. Jadi kami bakal pikirkan beberapa bulan sebelum itu. Kami bakal pelajari semuanya. Sudah tentu, kami akan sejalan dengan arahan pemerintah terutama Kementerian Kesehatan dan pemerintah setempat mengenai apakah sudah boleh mengadakan pameran, keramaian, dengan tentunya mengikuti protokol kesehatan,” papar dia.

Teka-teki GIIAS Surabaya
Sebelum menyambangi Serpong, GIIAS bakal terlebih dahulu mampir di Surabaya. Pelaksanaannya pun sudah dekat yakni pada 2 – 6 September.

Padahal, jumlah kasus Corona di Surabaya juga masih mengkhawatirkan. Ketika ditanyakan soal ini, Nangoi sedikit berteka-teki.

“Untuk GIIAS Surabaya sudah ada keputusan. Sabar, pengumumannya sehari lagi (Kamis, 16 Juli 2020),” respons dia singkat. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar