Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pengemudi Diharuskan Menjalani Pemeriksaan Mata

Berita Otomotif

Pengemudi Diharuskan Menjalani Pemeriksaan Mata

LONDON - Setiap pengemudi kendaraan harus menjalani tes ketajaman mata. Tujuannya untuk menghindari tabrakan di jalan akibat penglihatan berkurang. Jadi selain mempersulit warga mendapatkan SIM (surat izin mengemudi), tes ketajaman mata juga harus diberlakukan.

Adalah Organisasi Road Safety GEM Motoring Assist yang terus menyuarakan kewajiban tes ketajaman mata pada setiap pengendara di London, Inggris.

Organisasi yang kerap membantu pemerintah menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat Inggris ini meminta agar tes ketajaman mata pengendara diberlakukan setiap 10 tahun. Tes ini berlaku untuk pengguna mobil dan motor.

"Kami khawatir bahwa sejumlah pengendara belum menguji kesehatan mata mereka selama bertahun-tahun, dan bahkan tidak pernah sama sekali," kata David Williams MBE, Kepala Eksekutif GEM.

"Banyak pengendara berasumsi bahwa penglihatannya sudah baik dan tidak perlu check-up, namun kami tidak yakin. Itulah mengapa begitu penting demi keselamatan di jalan, pemerintah mengambil langkah-langkah untuk memastikan tes pemeriksaan mata kepada semua pengendara," lanjutnya.

David percaya, mengemudi sejak usia 17 tahun sampai 50 tahun akan terjadi penurunan daya penglihatan secara signifikan. Karena itu wajib dilakukan pemeriksaan mata secara berkala seperti yang dilakukan di beberapa negara bagian di Amerika Serikat.

Menurut David, tes kesahatan mata ini sangat bermanfaat, selain mengetahui ketajaman mata pengendara, juga untuk melihat reaksi pengendara dengan apa yang terjadi di sekitar mereka.

Memang penglihatan semakin kabur, respon mata dan tubuh juga semakin rendah tidak disadari oleh pengendara. Banyak pengendara yang memaksakan diri untuk terus mengemudi. Beberapa negara sudah mewaspadai pengemudi usia lanjut seperti itu karena terlaku berisiko. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang