Pemesan Subaru Forester di Indonesia Terima Unit Mulai Agustus 2022

Berita Otomotif

Pemesan Subaru Forester di Indonesia Terima Unit Mulai Agustus 2022

TANGERANG - Para konsumen di Indonesia, jika memesan Subaru Forester sekarang, harus menunggu sekitar tiga bulan untuk mendapatkan unit.

Forester meluncur di Indonesia pada Rabu (18/5/2022). Harga on the road (OTR) Jakartanya adalah Rp579,5 juta untuk tipe L dan Rp659,5 juta bagi tipe S Eye Sight.

Meski sudah dijual dan bisa dipesan sekarang, distribusi baru dilakukan pada pertengahan kuartal ketiga.

“(Unit) akan diantarkan secepat mungkin pada Agustus 2022,” tegas Marketing Communication Manager PT. Plaza Auto Mega (PAM) Ismail Ashlan dalam seremoni peluncuran di Alam Sutera, Tangerang.

Subaru Forester 2022

Chief Operating Officer PAM Arie Christopher menerangkan penyebabnya adalah krisis suplai cip semikonduktor global yang terjadi selama pandemi Covid-19. Ini mempengaruhi produksi pabrik Subaru Jepang--yang menjadi sumber unit untuk pasar Indonesia--sekaligus distribusinya.

“Jadi, memang saat ini rasanya semua tahu bahwa ada masalah cip semikonduktor yang hampir seluruh dunia dan hampir seluruh merek mengalami isu tersebut,” tukas dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam sesi tanya-jawab.

Ismail menambahkan kalau inden tiga bulan disebabkan pula oleh penyesuaian spesifikasi Forester untuk pasar Tanah Air.

“Produk yang ada di Indonesia itu dibuat di Prefektur Gunma, Jepang. Jadi, pasti ada penyesuaian spesifikasi produk. Makanya mungkin ada waktu tunggu sampai Agustus karena yang masuk ke Indonesia benar-benar disesuaikan dengan kondisi di Indonesia mulai dari suhu, kondisi jalan, permintaan, pelanggan, selera, dan lain-lain,” papar Ismail.

Subaru Forester 2022

Seperti diberitakan sebelumnya, Forester menjadi model pertama yang dijual Subaru setelah ‘menghilang’ selama 7-8 tahun gara-gara tersandung kasus hukum di bawah agen pemegang merek (APM) lama.

Forester generasi kelima dibangun di atas Subaru Global Platform. Model pesaing Honda CR-V ini masih dipersenjatai dua ciri khas Subaru yakni Symmetrical All Wheel Drive (AWD) serta mesin Boxer.

Adapun kapasitas dapar pacu Forester untuk pasar Indonesia ialah 2.0-liter dengan daya puncak 156 ps serta torsi maksimal 196 Nm. Tipe girboksnya Linertronic CVT dengan simulasi tujuh percepatan plus Active Torque Split AWD dan Paddle Shift.

Semua tipe Forester memiliki mode berkendara Intelligent Mode dan Sports Mode. Tipe termewah punya tambahan X Mode (Snow/Dirt dan Heavy Snow/Mud) plus teknologi bantuan pengemudian aktif Subaru EyeSight.

Ground clearance alias jarak sumbu roda Forester 220mm, departure angle 24,6 derajat, approach angle 20 derajat, brake over 19,6 derajat. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar