Pemerintah Sewa Mobil Rp 1 Miliar untuk Tamu Negara di Pelantikan Jokowi

Berita Otomotif

Pemerintah Sewa Mobil Rp 1 Miliar untuk Tamu Negara di Pelantikan Jokowi

JAKARTA - Pemerintah menggelontorkan miliaran rupiah untuk menyewa mobil yang akan digunakan oleh para tamu negara di pelantikan Joko Widodo - Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019 - 2024.

Seperti diketahui, Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, bakal dilantik kembali sebagai Presiden pada Minggu (20/10/2019) di Gedung Nusantara MPR RI, Jakarta. Di periode keduanya, mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini tak lagi didampingi oleh Jusuf Kalla, melainkan tokoh Nahdlatul Ulama Ma’ruf Amin.

Tentu saja, akan ada tamu-tamu negara yang terdiri dari kepala negara, kepala pemerintah, serta utusan khusus dari para negara sahabat. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan moda transportasi bagi mereka.

Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden, menjelaskan bahwa mobil-mobil yang nantinya mereka gunakan tidak dibeli. Ada di antara kendaraaan-kendaraan tersebut yang menurut pengakuannya sudah dimiliki oleh Sekretariat Negara, tapi terdapat pula yang disewa harian dengan total waktu penyewaan empat hari.

“(Anggarannya) kurang-lebih Rp 1 miliar. Enggak mahal kok karena kami hanya minta empat hari, ya,” ucapnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet pada akhir pekan ini.

Adapun model-modelnya terdiri dari merek mobil premium Eropa dan merek Jepang. Jenisnya beragam, mulai dari sedan, sport utility vehicle (SUV), sampai multi purpose vehicle (MPV).

“Rinciannya adalah Mercedes-Bens S 450 sebanyak 11 unit, cadangan 1. Lalu E 300 sebanyak 13 unit, E 250 ada 4 unit, dan E 200 sebanyak 10 unit,” papar Heru menyebutkan mobil-mobil utama yang kelak dipakai.

Jumlah tersebut, lanjut dia, diluar kendaraan yang disiapkan untuk pendukung tamu negara, yaitu Alphard 18 unit, Camry 9 unit dan tentunya Fortuner sebanyak 27 unit.

Merek serta jenis mobil-mobil itu untuk tamu negara, tambahnya, dipilih dengan pertimbangan masalah kenyamanan. Model-model yang dipakai merupakan seri terbaru.

Ia menyampaikan untuk harus memberikan yang terbaik kepada tamu kepala negara. Sejauh ini, lanjut tamu negara yang dipastikan hadir adalah dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, Vietnam, Myanmar, kalau Tiongkok itu Wakil Presiden, Vietnam juga Wakil Presiden, Thailand deputinya, Amerika Serikat utusan, Laos utusan, dan Filipina adalah Presiden. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support