Sewa Kendaraan di Indonesia Didominasi Kaum Hawa

Berita Otomotif

Sewa Kendaraan di Indonesia Didominasi Kaum Hawa

JAKARTA – Kaum hawa di Indonesia ternyata lebih aktif menyewa kendaraan ketimbang para lelaki, menurut hasil penelitian mengenai tren penggunaan rental mobil yang dilakukan PT. Astra Digital International (Astra Digital).

Hasil riset, menurut keterangan resmi yang diterima Mobil123.com pada Kamis (28/2/2019), diambil dari Big Data Astra Digital plus survei internal. Penelitian terbatas pada mereka yang terdaftar mengunduh dan menggunakan Movic, aplikasi rental kendaraan milik Grup Astra.

Dari situ, diketahui bahwa 63,55 persen pengguna rental kendaraan ialah perempuan. Kaum adam mesti mengaku kalah kali ini karena hanya berkontribusi 36,45 persen di antaranya.

Selain itu, penyewa kendaraan ternyata berusia relatif muda. Mayoritasnya berusia 35 – 44 tahun dengan kontribusi 33,8 persen.

Rentang usia terbanyak kedua adalah 25 – 34 tahun dengan sumbangan 33,3 persen. Mereka yang berusia matang yaitu 45 – 54 tahun ada di posisi ketiga dengan kontribusi 15,9 persen. Para remaja juga cukup senang menggunakan jasa rental kendaraan dengan jumlah 12,6 persen dari total pengguna.

Sebanyak 76 persen dari seluruh pengguna aplikasi menyewa kendaraan 1 – 3 hari sebelumnya. Konsumen yang melakukan pemesanan 4 – 6 hari sebelumnya hanya 8,19 persen.

Ada pula yang memesan dari 7 – 9 hari sebelumnya, tapi cuma 4,34 persen.

Kota dan Kendaraan
Jakarta menjadi yang terdepan dari lima besar kota pengguna rental kendaraan. Ibu Kota Indonesia ini diikuti secara berturut-turut oleh Surabaya plus Yogyakarta.

Bali, daerah tujuan wisata yang sangat tersohor, hanya ada di peringkat keempat. Kota terakhir dalam lima besar ialah Bandung.

Untuk model kendaraan, multi purpose vehicle (MPV) paling banyak disewa. Toyota Avanza paling populer (kontribusi 33,7 persen), dilanjutkan secara berturut-turut oleh Daihatsu Xenia (21,96 persen), Daihatsu Sigra (11,12 persen) dan Toyota Calya (10,16 persen). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar