Jokowi: Saya Tidak Memaksa Beli Esemka, Tapi

Mobil Baru

Jokowi: Saya Tidak Memaksa Beli Esemka, Tapi

BOYOLALI - Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi kepada produk 2 model mobil yang diluncurkan Esemka hari ini (Jumat/ 06/09/2019).

Jokowi secara langsung meresmikan Pabrik Esemka di bawah PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah. Dalam rangkaian acara ini, 2 model mobil pick-up diluncurkan, masing-masing bernama Bima 1.2 dan Bima 1.3.

Mobil ini disebut sebagai buah karya anak bangsa yang selama ini penuh kontroversi ini kabarnya dibanderol dengan kisaran Rp 100 jutaan. Dan pada kesempatan ini, Eddy Wirajaya, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi menegaskan bahwa produknya sepenuhnya buatan lokal, alias bukan ganti merek (rebadge) dari perusahan  mobil mana pun di dunia.

Eddy seperti dikutip dari media nasional menyatakan Esemka dibangun dari lulusan berbagai SMK yang ada di Solo Raya dan Jawa Tengah. Tak ketinggalan juga didukung oleh beberapa berbagai perusahaan lokal.

"Kami menggunakan komponen dari perusahaan lokal untuk suku cadang. Investasi kami murni Indonesia, tidak ada dari pihak asing dan tanpa ada pak Jokowi, itu clear," jelas Eddy.

Pernyataan Eddy selanjutnya dipertegas oleh Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian yang hadir mendampingi Jokowi. Dalam siaran pers Kementerian Perindustrian, Ia juga memastikan bahwa peresmian pabrik senantiasa memberikan efek berganda pada perekonomian, seperti membuka lapangan kerja baru.

“Saat ini, PT SMK telah bekerjasama dengan lebih dari 30 industri penyedia komponen otomotif lokal dan sudah melakukan persiapan untuk produksi massal. Pada tahap awal pabrik akan menyerap 300 tenaga kerja untuk satu shift. Kalau kapasitasnya nanti bertambah, tentu bertambah juga jumlah tenaga kerjanya. Ini untuk tenaga kerja lokal ,” jelas Airlangga.

Jokowi sendiri memberikan respon positif kepada 2 produk Esemka. Setelah melihat dan mencobanya secara langsung, Presiden ke-7 Indonesia ini memberikan pernyataan menarik.

"Saya tidak akan memaksa kita untuk beli, tapi setelah saya lihat dan coba tadi memang bagus. Jadi wajib kita beli. Kalau belinya produk impor keterlaluan," kata Jokowi seperti dikutip dari media nasional hari ini. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support