Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pemerintah Kucurkan Rp 814 Miliar untuk Pembangunan Akses ke Sirkuit Mandalika

Berita Otomotif

Pemerintah Kucurkan Rp 814 Miliar untuk Pembangunan Akses ke Sirkuit Mandalika

LOMBOK – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun jalan Bypass menuju Sirkuit Mandalika senilai Rp 814 miliar.

Jalan tersebut adalah Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok sepanjang 17,4 KM sebagai akses untuk menuju sirkuit. Jalan ini akan dibangun dengan masa pelaksanaan tahun 2020 – 2021. Jalan Bypass BIL dibangun dengan lebar 50 meter, 4 lajur yang dilengkapi trotoar dan median jalan.

“Saat ini dalam tahap lelang, pada bulan Mei 2020 diharapkan sudah mulai konstruksinya. Untuk pembebasan lahan sudah selesai dua pertiga, sedangkan sisanya akan mulai dibayarkan minggu ini dan minggu depan” ungkap Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR.

Pembangunan infrasturktur memang terbilang penting karena MotoGP merupakan salah satu ajang motorsport paling bergengsi di dunia saat ini. Dengan gelaran di Lombok maka diharapkan jumlah wisatawan di Indonesia akan meningkat.

Namun untuk melakukan itu semua memang tidak mudah. Pemerintah diwajibkan membangun sejumlah fasilitas pendukung dan semua harus selesai sebelum gelaran MotoGP dilakukan di Indonesia yang rencanya akan digelar pada awal tahun 2021.

Sementara itu Dyan Dilato, Head of Operation Sporting Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan, saat ini proses pengerjaaan konstruksi Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021 telah mencapai 10 persen. Dan diharapkan pada Juni 2020 semua bentuk lintasannya sudah terlihat.

“Sejak dimulai dari Januari 2020, sampai saat ini progresnya sudah mencapai 10 persen, jika tidak ada hambatan, september nanti sudah mulai pengaspalan,” ungkap Dyan beberapa waktu lalu.

Sirkuit Mandalika Lombok sekarang sedang dalam masa pre construction, setelah itu akan selanjutnya dengan periode finishing dari Juli sampai September. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang