Daihatsu Sigra Transmisi Otomatis Kurang Laku, Ini Sebabnya

Berita Otomotif

Daihatsu Sigra Transmisi Otomatis Kurang Laku, Ini Sebabnya

TANGERANG - Kontribusi penjualan Daihatsu Sigra transmisi otomatis terhadap total penjualan model tersebut teramat sedikit alias kurang laku. Salah satu alasannya adalah karena selisih harga yang cukup tinggi antara kedua tipe transmisi yang ditawarkan.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan bahwa pembeli Sigra matik hanya 5 persen. Sebanyak 95 persennya datang dari Sigra transmisi manual.

“Kenapa manual lebih laku daripada matik? Pertama karena ada perbedaan harga. Kalau mau beli Sigra matik, mereka harus tambah lagi sekitar Rp 10 juta-an,” ucap dia dalam konferensi pers peluncuran Sigra facelift pada Senin (16/9/2019) di Serpong, Tangerang.

Selisih harga tersebut, lanjut Amel, bukanlah nominal yang murah bagi para konsumen di kelas low cost green car (LCGC). Ini akhirnya mempengaruhi pilihan mereka.

Sepanjang Januari - Agustus 2019, transaksi jual-beli retail Sigra diklaim mencapai 33.718 unit. Volume itu naik 6 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year).

Segmen LCGC berbentuk multi purpose vehicle (MPV) sendiri secara akumulatif berjumlah 114.527 unit atau turun 10,9 persen year on year. Namun, pangsa pasar LCGC MPV terhadap pasar mobil nasional naik tipis dari 10,2 persen menjadi 10,6 persen karena pasar turun 11 persen menjadi sekitar 675 ribu unit.

Sigra facelift sendiri masih menawarkan 10 tipe ke para konsumen di Tanah Air dengan rentang harga on-the-road Jakarta Rp 114 juta sampai dengan Rp 154,75 juta. dua tipe mesin 1.0-liter (D MT dan M MT) ditambah delapan tipe mesin 1.2-liter (R MT, R AT, R Deluxe MT, R Deluxe MT, R Deluxe AT, X MT, X AT, X Deluxe MT, X Deluxe AT).

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, perbedaan harga antara transmisi manual dengan transmisi matik dalam satu tipe di Sigra facelift bukan cuma Rp 10 juta-an, tapi belasan juta. Selisih banderolnya rata yaitu Rp 12,8 juta.

Versi facelift dari kembaran Toyota Calya ini sendiri memiliki ubahan dasar pada tampilan eksterior dan interior. Pada tipe 1.0 M MT, barulah fitur-fitur baru hadir secara bertahap, mulai dari pelek anyar, mudguard, sampai Rear Parking Camera dan 2-DIN Touchscreen Audio.

Ada dua fitur yang diklaim baru ada di segmen LCGC yakni lampu depan LED plus Electric Retractable Mirror. Fitur pertama terdapat mulai tipe 1.0 M MT, sedangkan fitur kedua ada mulai tipe 1.2 R MT. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support