Peluncuran All New Toyota Avanza & All New Daihatsu Xenia Beda Sehari

Berita Otomotif

Peluncuran All New Toyota Avanza & All New Daihatsu Xenia Beda Sehari

JAKARTA – Hadir nyaris dua dekade di Indonesia, baru kali ini hari peluncuran model baru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia berbeda.

Seremoni peluncuran Avanza-Xenia sejak hadir pada akhir 2003 selalu dibuat pada hari yang sama, hanya berbeda jam saja. Namun, peluncuran generasi terbaru dari dua ‘saudara’ tersebut pada tahun ini bakal berbeda satu hari.

All New Avanza, seperti diberitakan sebelumnya, terkonfirmasi meluncur pada 10 November 2021 secara virtual.

Ini diketahui dari undangan yang dikirimkan kepada Mobil123.com pada Senin (1/11/2021).

tanggal peluncuran All New Toyota Avanza

Daihatsu, di sisi lain, mengirimkan undangan peluncuran sebuah produk baru yang tidak mereka sebutkan pada 11 November 2021 dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang.

Eksekutif dari pabrikan mobil tersebut di Indonesia mengakui produk anyar yang dimaksud dalam invitasi ialah All New Xenia.

“Iya, (All New Xenia meluncur) di GIIAS 2021,” tulis Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra via pesan singkat.

Avanza-Xenia yang mengaspal pekan depan merupakan model generasi ketiga. Desain model-model ini dipercaya akan terinspirasi dari mobil konsep DN Multisix yang dipamerkan dalam GIIAS 2017.

Daihatsu DN Multisix dipercaya sebagai cikal bakal Avanza-Xenia generasi ketiga

Sejauh ini, siklus hidup tiap generasi dari dua pionir segmen low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut cukup panjang, karena bisa sampai 10 tahun.

Generasi pertama eksis sejak penghujung 2003 hingga 2011. Adapun generasi kedua melanglang buana selama 2011-2021.

Penyegaran model terakhir dari Avanza serta Xenia terjadi pada awal 2019. Salah satu ubahan paling kentara terletak pada lampu depan yang berdesain dua garis bertumpuk, mirip seperti bentuk lampu depan Toyota Voxy.

Isu maupun ‘bisikan’ tak resmi mengenai rencana Toyota-Daihatsu merilis Avanza-Xenia generasi baru sendiri berhembus kencang sejak semester dua 2021. Berbagai indikatornya satu-persatu terkuak.

Misalnya, saat dua model ‘mencurigakan’ diketahui terdaftar dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 40 Tahun 2021 terkait penghitungan dasar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) mobil-mobil baru.

Lalu, tenaga penjual diler resmi Toyota pun mengatakan Avanza termutakhir direncanakan mengaspal akhir tahun ini. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar