Dua Minggu Dijual, Berapa Pemesanan All New Daihatsu Xenia?

Berita Otomotif

Dua Minggu Dijual, Berapa Pemesanan All New Daihatsu Xenia?

KEBUMEN - Pemesanan All New Daihatsu Xenia mendekati 1.000 unit, sekitar dua pekan setelah resmi meluncur. 

Seperti diketahui, Xenia generasi ketiga diperkenalkan pada hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, 11-21 November kemarin di Serpong, Tangerang. Adapun harga on the road (OTR) Jakartanya Rp190,9-244,2 juta.

Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International - Daihatsu Sales Operations (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan, selama sekitar dua pekan ini pemasaran dan penjualan All New Xenia masih lebih gencar di sekitar Pulau Jawa. Pasalnya, unit-unit untuk jaringan diler di luar Pulau Jawa masih dalam proses distribusi.

"SPK (Surat Pemesanan Kendaraan)-nya 850-an unit. Tapi kalau yang sudah jadi retailnya (sudah didistribusikan kepada konsumen--Red) 468 unit," ucap dia membuka data hingga akhir November 2021 di sela-sela test drive All New Xenia Kebumen-Semarang, Rabu (1/12/2021).

Sebanyak 72 persen di antaranya dikontribusikan oleh tipe-tipe bermesin bensin 1.3 liter. Sisanya, 28 persen, disumbangkan tipe-tipe bermesin bensin 1.5 liter.

Komposisi tersebut agak berbeda dari biasanya yakni 80 persen berbanding 20 persen.

"Seperti biasa, kalau peluncuran produk baru, pasti yang beli pertama kali, kan segmen atas, orang-orang yang banyak duit, duitnya sudah siap," papar Hendrayadi.

All New Xenia berubah secara radikal dari aspek desain, dimensi, teknis, maupun fitur. Ubahan terbesar antara lain pada bentuknya yang kini lebih mirip SUV serta penggunaan platform baru DNGA (Daihatsu New Global Platform).

Sistem penggerak roda yang awalnya di belakang (rear wheel drive/RWD) juga diganti menjadi di depan (front wheel drive/FWD).

Daihatsu juga menyematkan fitur-fitur baru nan canggih di berbagai tipenya. Misalnya Rear View Camera, Around View Monitor, hingga teknologi bantuan pengemudian aktif Advanced Safety Assit (ASA).

Daihatsu sudah membeberkan target penjualan All New Xenia sebanyak 2.000-2.500 per bulan. Namun, target itu mulai berlaku tahun depan. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar