Membandingkan Target Jualan All New Avanza-Veloz & All New Xenia, Bedanya Jauh

Berita Otomotif

Membandingkan Target Jualan All New Avanza-Veloz & All New Xenia, Bedanya Jauh

TANGERANG – All New Toyota Avanza-Veloz diproyeksikan terjual berkali-kali lipat lebih banyak ketimbang 'saudara sekandungnya' yaitu All New Daihatsu Xenia.

Seperti diketahui, Avanza dan Veloz generasi terbaru meluncur di Indonesia sebagai dua model berbeda pada 10 November 2021.

Model yang disebut pertama dijual dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp206,2-264,4 juta. Adapun model satunya lagi dibanderol Rp251,2-291,5 juta.

All New Xenia, di sisi lain, mengaspal sehari setelah sang ‘kakak’. Harganya lebih rendah dari duo All New Avanza-Veloz yakni Rp190,9-244,2 juta OTR Jakarta, namun fitur-fiturnya juga sudah tergolong canggih.

Seremoni perkenalan Xenia termutakhir dilakukan pada hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Sebagai model generasi terbaru yang berubah secara radikal, Toyota dan Daihatsu mematok kenaikan target penjualan bagi model-model tersebut. Namun, target yang dipasang Toyota untuk All New Avanza serta All New Veloz jauh lebih banyak ketimbang proyeksi penjualan Daihatsu bagi All New Xenia.

Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menjelaskan, Avanza generasi terdahulu secara rata-rata terjual 5.000-6.000 unit per bulan. Tahun depan, Toyota mengincar penjualan dengan volume yang naik sekitar 2.000 unit per bulan untuk All New Avanza plus All New Veloz.

“Minimal 7.000-8.000 unit di awal-awal bulan. Dengan dibantu oleh teman-teman di TMMIN (PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia) untuk produksi All New Veloz, mudah-mudahan bisa mencapai target,” papar dia dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz

Pada generasi teranyar ini, memang terjadi pemisahan produksi antara Avanza dan Veloz. Avanza masih diproduksi oleh PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama-sama dengan All New Xenia, sementara Veloz kini dirakit oleh TMMIN.

Lebih lanjut, Marketing and Customer Relations PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, target penjualan All New Xenia mulai tahun depan naik sekitar 2,5 kali lipat dibandingkan model generasi kedua.

All New Daihatsu Xenia

“Sekarang ini, saat periode peluncuran, kan, sebenarnya sudah November. Sudah mau akhir tahun. Jadi, memang target itu untuk tahun depan, lah, mungkin. Enggak langsung serta-merta sekarang,” pungkas dia di sela-sela GIIAS 2021, 11-21 November kemarin di Serpong, Tangerang.

“Tadinya, di tahun ini, jualan kami (untuk Xenia lama), kan, Cuma 700-1.000-an unit per bulan. Target kami sekarang 2.000-2.5000 unit. Berarti sekitar 2,5 kali lipatnya,” lanjut Hendrayadi. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar