Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pekan Depan Raize-Rocky Punya Pesaing Baru di Indonesia, Namanya VW T-Cross

Berita Otomotif

Pekan Depan Raize-Rocky Punya Pesaing Baru di Indonesia, Namanya VW T-Cross

JAKARTA - Segmennya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia akan makin ramai. Dalam waktu dekat muncul pemain baru bernama Volkswagen (VW) T-Cross.

VW T-Cross dipastikan meluncur di Tanah Air pertengahan pekan depan. Ini diketahui dari undangan yang dikirimkan oleh agen pemegang merek (APM) jenama tersebut.

“PT. Garuda Mataram Motor (GMM) mengundang rekan media untuk hadir dalam acara Virtual Launch - Volkswagen T-Cross yang akan diadakan pada Rabu, 23 Februari 2022,” demikian tertulis di dalam invitasi.

T-Cross merupakan sport utility vehicle (SUV) kompak dengan harga paling terjangkau keluaran merek yang bermarkas di Wolfsburg, Jerman tersebut.

World premiere alias debut globalnya terjadi Oktober 2018 di Jerman dan disiarkan secara langsung ke berbagai negara. Di sebagian pasar--misalnya India--T-Cross disebut sebagai Taigun.

T-Cross menempati segmen yang sama dengan Raize maupun Rocky, dua SUV ringkas sekaligus termurah dari Toyota maupun Daihatsu saat ini di Indonesia.

Namanya sempat ketahuan tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 40 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama.

Kalau mengacu pada dokumen tersebut, T-Cross yang didaftarkan di Tanah Air bermesin bensin tiga silinder dengan kapasitas 1.0-liter turbo TSi. Sebagai padanannya, diberikan transmisi otomatis kopling ganda (Dual Clutch Transmission/DCT).

Melihat spesifikasi transmisinya yang cukup ‘eksotis’, bisa saja pemosisian harganya ada di atas Raize serta Rocky.

Sebagai informasi, harga on the road (OTR) Jakarta Raize per Februari 2022, tanpa ‘diskon’ Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), ialah Rp225,95 juta (mesin 1.2-liter) sampai Rp297,45 juta (mesin 1.0-liter) menurut situs resmi Toyota Indonesia.

Sementara itu, harga OTR Jakarta Rocky per Februari 2022 tanpa pengurangan PPnBM dimulai dari Rp200,6 juta (mesin 1.2-liter) hingga Rp268,5 juta (mesin 1.0-liter) kalau mengintip situs resmi Daihatsu Indonesia.

Bicara dimensi, T-Cross memiliki ukuran panjang x lebar x tinggi masing-masing 4.108 mm, 1.760 mm, 1.584 mm. Wheelbase atau jarak sumbu roda 2.563 mm, dengan ground clearance 185 mm.

Segmen SUV kompak lima penumpang murah di Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan. Selain Raize maupun Rocky, ada pula Nissan Magnite, Kia Sonet, Renault Kiger. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang