Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Harga VW T-Cross di Indonesia di Atas Raize & Rocky, Seberapa Jauh?

Berita Otomotif

Harga VW T-Cross di Indonesia di Atas Raize & Rocky, Seberapa Jauh?

JAKARTA - Volkswagen (VW) T-Cross meluncur di Indonesia dengan strategi pemosisian harga di atas Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

T-Cross, menurut Head of Sales PT. Garuda Mataram Motor (GMM) Ahmad Badawi, di pasar Tanah Air hanya tersedia dalam satu tipe.

Dapur pacunya menyandang mesin bensin 1.0-liter TSI berdaya 115 bhp, torsi 178 Nm, dan transmisi otomatis enam percepatan. Adapun harga on the road (OTR) Jakartanya Rp488 juta.

Menurut dia, T-Cross memang berniat membuat segmen baru di Indonesia yang ia sebut sport utility vehicle (SUV) kompak premium.

“VW, khususnya GMM, sengaja memasukkan T-Cross ini untuk mengisi pasar SUV kompak premium yang kosong,” jelas Badawi dalam konferensi pers peluncuran, Rabu (23/2/2022).

Sebagai perbandingan, banderol SUV kompak bermesin 1.0-l turbo yang lain seperti Raize saat ini Rp245,25 juta sampai Rp297,45 juta, berdasarkan penelusuran situs resmi Toyota Indonesia.

‘Saudaranya’ Rocky 1.0-liter turbo, menurut situs resmi Daihatsu Indonesia, adalah Rp227,8 juta hingga Rp268,5 juta. Ada di antaranya yang sedang mendapatkan harga spesial karena menikmati diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 2022.

Lebih lanjut, meski berkapasitas mesin sama, dimensi T-Cross sebenarnya lebih bongsor dari Raize maupun Rocky. Panjang, lebar, dan tingginya masing-masing 4.221 cm, 1.766 mm, 1.612 mm.

Wheelbase alias panjang sumbu rodanya 2.651 mm. Ground clearance dari model yang di sebagian negara bernama VW Taigun ini 188 mm.

T-Cross dibangun di atas platform MQB. Beberapa aspek di eksteriornya yang cukup menonjol ialah gril depan tiga dimensi dengan banyak sentuhan kromium plus logo VW berdesain terbaru, pelek two tone 17 inci, juga desain LED rear combination lamp-nya.

Daftar Fitur VW T-Cross

Fitur-fitur T-Cross antara lain Digital Cokcpit 8 Inch yang diklaim terbesar di kelasnya, Head Unit Volkswagen Play 10,1 Inch dengan Wireless Apple CarPlay dan Android Auto, Wireless Charging, Paddle Shift, Cruise Control.

Masih ada lagi Electric Sunroof, Kessy with Start/Stop Button, Smart Touch Climatronic Auto AC with AirCare, 4 USB Charging Port, Adjustable Rear AC Vents.

Untuk keamanan dan keselamatan, disematkan misalnya sistem pengereman ABS+EBD+BA, Electronic Stability Control, Traction Control System, Hydraulic Brake Boosting, Brake Disc Wiping, Multi Collision Brake, Hill Hold Control, EDL with XDS dan XDS+.

Terdapat pula 6 Airbag, Tire Pressure Deflating Warning, Park Distance Control and Rear View Camera, Rain Sensing Wiper, Auto Headlight, Foglamp with Static Cornering Light Function, ISOFIX, Rain Sensing Wiper.

Sayang, belum ada teknologi bantuan pengemudian aktif (Advance Driving Safety Assist/ADAS) pada T-Cross untuk pasar Indonesia. Padahal, pada Raize maupun Rocky saja, fitur ini sudah terlihat. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang