Pasang GoPro di Dalam Ban Mobil, Ternyata ini yang Terjadi

Berita Otomotif

Pasang GoPro di Dalam Ban Mobil, Ternyata ini yang Terjadi

JAKARTA - Letakkan GoPro di dalam ban mobil dan kemudian rekam, Anda akan mengetahui kinerja si kulit bundar selama perjalanan. 

Adalah akun Youtube Warped Peceptions yang melakukan eksperimen ini. Sajian tontonan ini cukup menarik dan mungkin sebagian dari Anda jadi mengetahui apa yang sebenernya terjadi pada ban saat berkendara.

Ban mobil Mercedes-Benz E55 AMG yand dijadikan objek eksperimen ini. Dan sebuah action cam GoPro diletakkan di dalam ban, tepatnya diistal di pelek bagian atas.

Posisi GoPro sendiri terlalu mepet saat diletakkan di dalam ban depan E55 AMG yang punya profil tipis dengan ukuran 245/40 R18. Dalam ukuran cm kira-kira, ban hanya setebal 6.5 cm sementara GoPro polos tanpa cover dan mounting sekitar 4.5 cm.

Saat mobil mulai berjalan, dalam video kita bisa melihat jelas apa yang terjadi pada interaksi ban dengan permukaan jalan. Bentuk karet tampak berubah-ubah saat mobil berjalan, terlebih waktu melewati gundukan atau permukaan jalan yang tidak rata.

Hal ini sendiri membuktikan bahwa sistem suspensi pertama yang mampu meredam apa kondisi dari permukaan jalan adalah ban. Bisa disaksikan dari dalam, bagaimana kinerja ban dalam menyerap gaya yang dihasilkan pada jalan tidak rata dan tentu sifat peredamannya tersebut langsung bisa dirasakan di kabin. 

Akhirnya, inti dari semua ujicoba di atas adalah betapa berat dan pentingnya fungsi ban saat berkendara. Setelah melihat video ini diharapkan Anda dapat lebih memperhatikan kondisi ban mobil sebelum melakukan perjalanan, ini tentu bisa dijadikan perspektif baru.

Jadi sebelum berkendara, pastikan kondisi tekanan angin ban mobil Anda sudah sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan. Kemudian perhatikan kondisi ban, melihat umur pakai juga tingkat keausannya serta segera melakukan pergantian jika kondisi ban dirasa sudah tidak layak pakai.

Ingin melihat pengujiannya lebih lanjut, simak video berikut ini.

[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar