Macet Bikin Ban Cepat Habis

Panduan Pembeli

Macet Bikin Ban Cepat Habis

JAKARTA – Ban yang terus diajak untuk menempuh kemacetan ternyata lebih cepat gundul dibanding dengan ban yang menempuh jalan lancar.

Hal tersebut disampaikan oleh Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing & Sales Retail at PT Gajah Tunggal Tbk beberapa waktu lalu. Kondisi jalan macet atau yang biasa dikenal dengan stop & go memberikan efek gesekan lebih pada ban ketibang jalan lancar.

“Gesekan antara jalan dengan ban akan semakin besar dibandingkan dengan kondisi lancar dan kecepatan stabil. Ini yang membuat kondisi ban akan lebih cepat habis kembangnya atau gundul,” ungkapnya.

Kondisi tersebut tidak hanya terjadi pada ban mobil namun juga ban motor. Bahkan, tingkat kebotakan ban motor bisa jauh lebih cepat karena lebar telapak ban memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding dengan ban mobil.

Tak hanya stop & go yang menyebabkan ban cepat gundul. Bahan yang digunakan untuk membuat jalan pun ternyata memiliki peran yang juga cukup besar. Jalan yang dilapisi dengan aspal terbilang lebih ramah terhadap ban ketimbang dengan beton.

“Permukaan jalan beton memiliki tekstur yang lebih kasar ketimbang aspal. Kondisi ini membuat ban menjadi lebih cepat habis kembangnya ketimbang dengan jalan berlapis aspal,” tambahnya.

Saat ini Pemerintah khususnya Pemerintah Daerah Provinsi Jakarta memang tengah melakukan pembangunan jalan. Kondisi tersebut menyebabkan kemacetan yang cukup parah di beberapa titik. kondisi ini akan terus berlangsung hingga jalan-jalan tersebut selesai dibangun. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual