Pandemi, Supercar Mirip F1 Ini Diyakini Tetap Laku di Indonesia

Berita Otomotif

Pandemi, Supercar Mirip F1 Ini Diyakini Tetap Laku di Indonesia

JAKARTA – BAC Mono, supercar mahal bertampang mirip mobil balap Formula One, dipercaya tetap akan dipesan para ‘sultan’ Indonesia meski meluncur di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Kuota per tahun yang disediakan untuk negeri ini diyakini ludes.

Sekadar mengingatkan, BAC Mono meluncur di Indonesia pada Rabu (9/12/2020) pekan lalu dengan harga miliaran rupiah. Kuota pemesanan per tahun dari prinsipal hanya 3 unit, melalui dealer mobil mewah TDA Luxury Toys.


William Tjandra, Presiden Direktur TDA Toys Luxury, menjelaskan bahwa kuota untuk tahun ini sudah terpenuhi. Ketiga unitnya pun sudah datang.

“Pembicaraan dengan BAC sebenarnya sudah dimulai sejak tahun lalu. Saat itu sudah ada yang pesan,” ucap dia meladeni pertanyaan Mobil123.com usai seremoni peluncuran di Jakarta.

Inden BAC Mono di Indonesia memang membutuhkan waktu lama. Menurut William, konsumen bisa menunggu sampai dengan dua tahun.

Penyebabnya adalah permintaan di pasar global yang cukup banyak. Sementara, kapasitas produksi pabrik BAC di Liverpool hanya 50 unit per tahun.


Peluncuran BAC Mono, lanjut William, tetap dilakukan saat pandemi karena kedua pihak sudah melakukan diskusi untuk kerja sama maupun peluncuran cukup lama. Ia juga percaya bahwa di tengah pandemi, kuota tiga unit per tahun bakal tetap bisa terpenuhi.

“Iya, yakin (akan tetap ada yang pesan),” tegasnya.

William menilai bahwa orang – orang kaya di Indonesia memang tetap terdampak oleh pandemi dan menahan pembelian di sektor otomotif. Kendati begitu, jika ada model kendaraan yang unik, terbatas, atau langka mereka diyakini tetap mau merogoh kocek meskipun agak dalam.


BAC Mono yang meluncur di Indonesia menyandang mesin bensin 2.5-liter Naturally Aspirated. Tenaga maksimal dari mobil yang legal dibawa di jalan raya ini mencapai 304 hp di 8.000 rpm.

Daya tersebut disalurkan menuju dua roda belakang oleh transmisi manual sekuensial enam percepatan. Spesifikasi girboksnya sama dengan standar mobil – mobil di ajang balap Formula 3.


Dengan tenaga sebesar itu, girboks ciamik plus bobot hanya sekitar setengah ton, akselerasinya luar biasa cepat. Kecepatan 0-100 km per jam digapai hanya dalam 2,8 detik.

“Mobil ini memegang 12 rekor di berbagai trek maupun sirkuit dunia. Ini juga merupakan mobil RWD tercepat di dunia. Kecepatan tertingginya 270 mil per jam (434,5 km per jam),” ujar Neill Briggs, Co-Founder dan Director of Product Development BAC. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar