Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pakar Otomotif dan Tokoh Mobil Listrik jadi Calon Menteri Prabowo-Sandi

Berita Otomotif

Pakar Otomotif dan Tokoh Mobil Listrik jadi Calon Menteri Prabowo-Sandi

JAKARTA - Dua nama yang merupakan pakar otomotif dan tokoh mobil listrik di Indonesia disebut-sebut di dalam 66 kandidat menteri Prabowo Subianto - Siandiaga Uno, jika mereka terpilih menjadi presiden dan wakil presiden 2019 - 2024.

Prabowo, dalam Pidato Kebangsaan di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur pada Jumat (12/4/2019), mengumumkan para calon menteri kabinetnya seandainya ia dipercaya oleh masyarakat Indonesia menjadi RI 1--Republik Indonesia 1, sebutan bagi presiden Indonesia. Ada 66 sosok yang disebutkan.

Mereka terdiri dari berbagai latar belakang, mulai dari tokoh partai politik, akademisi, hingga profesional dari berbagai profesi. Di antaranya ada nama-nama yang pernah bersinggungan dengan dunia otomotif Indonesia.

Nama pertama adalah Mochtar Niode. Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) ini beberapa kali pernah dikutip media massa arus utama sebagai pakar otomotif.

Prabowo bahkan mengklaim praktisi industri mobil ini sebagai ahli mobil listrik ketika melontarkan namanya di hadapan massa.

“Mochtar Niode, ahli mobil listrik, bukan ahli mobil ‘eto-eto’ (bahasa Jawa untuk kata ‘pura-pura’),” tandas dia.

Sosok kedua adalah Dahlan Iskan. Ia dikenal sebagai seseorang yang sangat antusias dengan mobil listrik.

Mantan Direktur Utama PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) itu mempunyai reputasi sebagai orang yang ingin mewujudkan era mobil listrik di Nusantara. Ia sempat turut mendorong terciptanya beberapa mobil listrik ciptaan dalam negeri.

Di antaranya yang paling kesohor tentu saja adalah mobil sport Tuxuci serta Selo. Ketika masih menjabat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan pernah mengusulkan pula pengadaan mobil listrik untuk menjadi moda transportasi para peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation XXI di Bali, Oktober 2013.

Kini, bos besar Harian Umum Jawa Pos tersebut diketahui mempunyai mobil listrik murni Tesla Model S P90D. Dahlan membelinya pada 2017 dan wawancara maupun ulasan mobil listrik produksi merek asal Amerika Serikat ini sudah banyak beredar di dunia maya.

Pemerintah saat ini yang dinakhkodai Joko Widodo dan Jusuf Kalla sendiri saat ini sedang menyusun regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) yang diekspektasikan terbit pada April ini. Melalui insentif pajak yang terdapat di dalamnya, Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, ingin menciptakan pasar mobil listrik di Indonesia.

Pemerintah sudah menargetkan agar pasar mobil pada 2025 terdiri dari 20 persen mobil listrik. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang