Pajero Sport Tandai Produksi 5 Juta Kendaraan Mitsubishi di Thailand

Berita Otomotif

Pajero Sport Tandai Produksi 5 Juta Kendaraan Mitsubishi di Thailand

LAEM CHABANG -- Mitsubishi Pajero Sport menjadi kendaraan ke-5 juta yang diproduksi oleh Mitsubishi Motors Thailand di pabrik Laem Chabang sejak mulai melakukan perakitan pada 1992.

Seremoni pencapaian produksi 5 juta unit, berlangsung pada kemarin (4/5/2018) di Laem Chabang. Acara dihadiri antara lain oleh Wakil Perdana Menteri Thailand Somkid Jatusripitak, Duta Besar Extraordinary dan Plenipotentiary Jepang untuk Kerajaan Thailand Shiro Sadoshima, CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors Thailand Morikazu Chokki.

Somkid Jatusripitak mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Mitsubishi Motors Thailand. Ia menilai pencapaian Mitsubishi mempertegas peran industri otomotif sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan Thailand.

“Komitmen perusahaan terhadap Thailand, dan kepemimpinannya dengan praktik berkelanjutan merupakan inisiatif yang membantu kami untuk mencapai target ekonomi nasional,” ucapnya dalam kata sambutan.

Osamu Masuko menegaskan bahwa Mitsubishi selalu yakin yakin dengan potensi industri otomotif Thailand. Kebijakan jangka panjang pemerintah Thailand untuk pertumbuhan industri otomotif disebutnya merupakan pertanda baik untuk bisnis Mitsubishi.

Morikazu Chokki sendiri berjanji bakal terus mengembangkan produk serta teknologi di pabrik Mitsubishi Thailand.

“Kami akan terus merintis segmen dan teknologi baru, berinovasi meningkatkan teknologi keras maupun lunak menjadi paket yang human-centric, memberikan fleksibilitas, meningkatkan kepercayaan diri serta fungsionalitas. Ini yang membentuk dasar dari tagline global kami ‘Drive your Ambition’ dan ini merupakan komitmen kami untuk konsumen,” tandas dia.

Mitsubishi pertama kali masuk ke Thailand pada 1961 dan baru membuka pabrik pertama di Laem Chabang pada 1992. Kemudian, merek berlogo tiga berlian ini membuka dua pabrik lagi di sana pada 1990-an.

Kini, total produksi ketiga pabrik Mitsubishi di Thailand mencapai 424 ribu unit per tahun, volume terbanyak di luar pabrik mereka di Jepang. Kendaraan dari Thailand dikirim ke lebih dari 120 negara dan berperan penting menumbuhkan penjualan perusahaan di Asia Tenggara maupun global.

Mitsubishi Thailand pertama kali mencapai total produksi satu juta unit pada 2003. Jumlah produksi dua juta unit berhasil dicapai pada 2010 dan tiga tahun kemudian mereka menggapai tiga juta unit. Seiring bertambahnya permintaan, Mitsubishi Thailand memproduksi empat juta unit di tahun 2015.

Dari 5 juta unit, sebanyak 3,7 juta unit di antaranya ditujukan bagi pasar ekspor. Pada 2016 silam, Mitsubishi Thailand merayakan torehan tiga juta unit ekspor dari ‘Negeri Gajah Putih’. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual