Pabrikan Mobil ini Punya Divisi Khusus untuk Mengendus Produk Mereka

Berita Otomotif

Pabrikan Mobil ini Punya Divisi Khusus untuk Mengendus Produk Mereka

INGOLSTADT - Pabrikan mobil ternama Audi punya divisi khusus dengan tugas mengendus produk terbaru mereka untuk memastikan punya bau yang benar.

Audi Nose Team adalah kumpulan ilmuan yang punya bidang kerja pada urusan bau dari mobil-mobil produksi Audi. Dan team ini ternyata sudah lama dibentuk oleh pabrikan asal Jerman ini atau tepatnya sejak 1985.

Selama 35 tahun kerja tim ini boleh dibilang tergolong sederhana namun cukup krusial. Bayangkan dalam lab mereka harus bisa meracik bahan-bahan yang bisa membuat mobil Audi harum sepanjang hidupnya di jalan. Dan bau sejatinya menjadi suatu identitas tersendiri atau khas selain dari pada tampilan.

Artinya sejak mobil Audi keluar dari pabrik dipastikan tak ada bau bahan kimia yang melekat selama proses produksi. Dan juga kemudian tidak bau apek jika masuk musim dingin misalnya.

Menurut Heiko Lüßmann-Geiger, salah satu kepala ahli kimia Audi menyebutkan bahwa jika ada bau, faktor kenyamanan mobil secara keseluruhan bisa terganggu. 

"Di ujung hirarki piramida ini adalah kepuasan pelanggan. Jika pelanggan sekarang jengkel dengan bau ini di dalam mobilnya, dia benar-benar merasa keluar dari zona nyamannya. Dia akan kesal dengan tekanan yang ditimbulkan oleh bau menggangu tersebut," jelas Lüßmann-Geiger.

Audi Nose Team selalu memeriksa mobil-mobil yang baru diujicoba hingga produksi. Tim ini akan secara acak mengambil sample mobil dan kemudian mereka menelitinya di laboratorium.

Setiap jengkal ruang interior mobil-mobil Audi tentu tidak lepas dari endusan tim ini. Dan sejatinya mereka tidak hanya berusaha untuk menutupi bau dengan memberikan alat penyegar ruang seperti yang hampir seluruh dari Anda melakukannya. Formulasi-formulasi yang diciptakan oleh Audi Nose Team tentu jauh lebih detail dari itu. 

Pekerjaan pastinya dari tim ini memang tidak dibeberkan secara langsung. Namun bisa jadi salah satu dari bagian kerjanya adalah mengubah bau dari bahan kulit yang hampir mendominasi seluruh interior produk-produk Audi menjadi sesuatu yang menyegarkan dan menyenangkan hingga mood seluruh penumpang akan selalu terjaga.[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar