Pabrikan Mobil ini Ciptakan Ventilator untuk Pasien Covid-19 dari Motor Wiper

Berita Otomotif

Pabrikan Mobil ini Ciptakan Ventilator untuk Pasien Covid-19 dari Motor Wiper

MARTORELL - SEAT, pabrikan mobil Spanyol berhasil memciptakan ventilator pernafasan sederhana dari motor wiper untuk bantu pasien Covid-19.

Wabah Corona yang terjadi di seluruh belahan dunia membuat pabrikan-pabrikan mobil dunia ikut ambil bagian untuk menanggulanginya. Masing-masing mencoba berkontribusi dengan membuat masker, pelindung wajah hingga air purifier dan ventilator udara.

Ventilator udara sendiri kini menjadi alat kesehatan paling dibutuhkan karena sangat penting untuk merawat korban Covid-19. Untuk diketahui, virus yang belum ditemukan obatnya ini menyerang organ pernafasan bagian atas dan mengakibatkan banyak korban kesulitan bernafas hingga gagal nafas dan kemudian meninggal dunia. Pada kondisi ini, ventilator pernafasan sangat dibutuhkan.

Setelah Tesla, pabrikan mobil listrik Amerika Serikat yang berhasil menunjukkan prototipe ventilator buatan mereka, kini giliran SEAT. Yang menarik, anak usaha Volkswagen AG ini mengatakan bahwa ventilator pernafasan sederhana miliknya terbuat dari motor wiper mobil.
 
"Sembilan puluh persen dari komponen ventilator sama dengan yang kami gunakan untuk membuat SEAT Leon. Motor yang digunakan ventilator ini sama dengan untuk wiper," jelas Patricia Such, Director of Health, Security and Emergencies SEAT seperti dikutip Reuters.

Dalam usahanya ini SEAT dibantu oleh Protofy.xyz yang merupakan perusahaan startup dengan spesialisasi membuat desain, konstruksi serta validasi beragam alat elektronik serta mekanik. Dan produksinya sendiri dilakukan di pabrik SEAT di Martorell, Barcelona.

"Ventilator ini diberi nama Oxygen dan merupakan alat sederhana, sangat mudah digunakan. Rencananya akan diproduksi 100 unit per hari," kata Such. 

Apa yang dilakukan SEAT tentu diharapkan akan membantu pasien Covid-19 terutama di Spanyol. Untuk diketahui, saat ini Negeri Matador ini dibanjiri lebih dari 140 ribu pasien Covid-19 dengan korban 13.798 jiwa. Ini menjadikannya negara dengan kasus terinfeksi nomor 1 di Eropa serta 2 di dunia setelah Amerika Serikat.

SEAT sendiri dikabarkan akan mendonasikan Oxygen secara gratis ke rumah sakit di Spanyol. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar