Oplet Si Doel Muncul di Incubus 2019

Berita Otomotif

Oplet Si Doel Muncul di Incubus 2019

JAKARTA – Moris Minor 100 atau yang biasa dikenal dengan oplet si Doel hadir di arena JIExpo Kemayoran dalam ajang Indonesia Classic N Unique Bus (Incubus) 2019.

Kendaraan ini memang bukanlah yang digunakan untuk syuting sinetron ‘Si Doel”, namun jenisnya sama dengan kondisi baik. Cat biru muda dan hitam yang melapisi body tampak kinclong dan terawat baik.

Bergerak ke belakang, maka atap kayu yang digunakan untuk melindungi penumpang belakang pun terlihat juga masih terawat, jauh dari kata tua. Menariknya, jendela mika yang menutupi bagian belakang masih dipertahankan.

Dri keterangan yang kami dapatkan, pada tahun 1930 Oplet generasi pertama mulai masuk di Indonesia. Kemudian di tahun 1950 oplet mulai beroperasi dengan trayek resmi sebagai angkutan umum selama 30 tahun. Tepat pada tahun 1979, Oplet pun dihapuskan trayeknya kemudian digantikan oleh mikrolet dan Koperasi Wahana Kolpika (KWK) pada tahun 1981.

Selain Oplet, beberapa kendaraan menarik juga ditampilkan di Incubus. Sebut saja Daihatsu Midget alias Bemo yang sudah dimodifikasi sebagai perpustakaan berjalan. Modifikasinya hanya pada bagian belakang yang sebelumnya biasa digunakan untuk menangkut penumpag beralih fungsi menjadi etalase buku.

Sementara pada bagian lain, secara umum masih sama dengan versi aslinya. Dibalut dengan warna ungu-kuning, kendaraan ini tetap mempertahankan jendela terpal pada kabin depan serta atap terpal untuk kabin belakang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar