Nissan akan Gunakan Baja Jenis Baru untuk Mobil Masa Depan

Berita Otomotif

Nissan akan Gunakan Baja Jenis Baru untuk Mobil Masa Depan

YOKOHAMA – Nissan Motor Co., Ltd. Menegaskan akan membuat lebih banyak model dengan menggunakan 980-megapascals steel.

Baja ini telah menggunakan teknologi baru sehingga membuat mobil menjadi lebih kuat, namun tetap ringan. Nissan bahkan mengklaim kekuatan baja yang digunakan dapat meningkatkan tingkat keselamatan berkendara sedangkan ringannya bobot baja menjadikan emisi gas buang kendaraan menjadi lebih baik.

Nissan pun mengklaim bahwa mereka adalah produsen yang memggunakan 980-megapascals steel. Baja tersebut dikembangkan oleh Nissan dan Nippon Steel & Sumitomo Metal Corp dan dianggap berhasil untuk menjadi part kendaraan di masa depan.

Dengan baja ini maka Nissan lebih mudah melakukan stamping dan membuat tampikan mobil menjadi lebih apik, tipis, dan ringan dibandingkan  baja biasa. Meski demikian, kekuatan untuk meredam tenaga benturan tidak berkurang.

Nissan sendiri sebenarnya sudah membuat mobil dengan 980-megapascals steel. Infiniti QX50 di Amerika serikat merupakan model pertama yang menggunakan baja jenis ini pada bagian depan dan samping kendaraan. Nissan rencananya akan menggunakan 980-megapascals steel lebih banyak lagi di model lain untuk mengurangi bobot kendaraan.

Rencananya, 980 megapascals steel akan dibuat agar dapat diproduksi secara massal. Dengan diproduksi secara massal maka diharapkan biaya produksi baja dapat berkurang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual