Ngeri, SUV ini Dipacu layaknya Sportcar Hingga 290 km/jam

Berita Otomotif

Ngeri, SUV ini Dipacu layaknya Sportcar Hingga 290 km/jam

FRANKFURT - BMW X3 M terbaru ini dipacu hingga kecepatan maksimal 290 km/jam di jalan bebas hambatan Autobahn, Jerman.

SUV atau BMW senang menyebutnya dengan Sports Activity Vehicle (SAV) sejatinya tidak layak untuk dipacu maksimal. Dengan dimensi dan berat plus ground clearance sedemikian sejatinya tidak layak diperlakukan layaknya sebuah sportscar.

BMW X3 M sendiri masuk dalam keluarga SAV BMW. Dan seperti kita ketahui bersama, embel-embel M tentu menandakan bahwa mobil ini dibekali oleh BMW dengan performa tinggi atau spek kompetisi berikut fitur-fitur pendukungnya.


Dengan mesin 6-silinder Twin turbo 3.0-liter bertenaga 503 hp dan torsi 598 Nm serta dipadukan dengan transmisi otomatis 8 kecepatan, BMW X3 M bisa sangat agresif untuk menggapai kecepatan puncak. Dibuktikan dengan video berdurasi 4 menit di bawah, meski memiliki ukuran plus bobot yang cukup besar mobil ini tetap bisa ringan melaju dan mudah untuk menggapai kecepatan tinggi.

Sang pengemudi menyebutkan dalam posisi launch control aktif, kecepatan 0 - 100 km/jam dapat digapai dalam waktu hanya 4.2 detik. Sementara untuk berakselerasi dari kecepatan 100 km/jam menuju 200 km/jam dicapai dalam waktu 9.6 detik. Dalam kesempatan ini, X3 M dapat dipacu hingga kecepatan 290 km/jam.

Dalam prespektif pengemudi, atmosfer berkendara X3 M boleh dibilang tak berbeda dengan sportscar. Meski demikian, dalam beberapa kesempatan yang membuat jantung berdetak makin cepat.

Ini terjadi saat mobil melintas di jalan yang bumpy pada beberapa titik. Saat tersebut, X3 M tampak mantul-mantul di kecpatan 250 km/jam ke atas. Hal ini membuat potensi kecelekaan sangat besar, bukan tidak mungkin mobil bakal mengudara atau terpelanting.

Rasanya tidak semua orang bernyali untuk memacu sebuah SUV hingga 290 km/jam di jalan umum meski pada kondisi memadai seperti di Autobahn. Namun terbukti, semua berakhir sempurna serta mampu membuktikan kinerja terbaik dari Adaptive M Suspension pada BMW X3 M dan ini bisa dilakukan dalam kondisi Dynamic Stability Control (DSC) off. 

Lebih lanjut, simak video di bawah ini dan rasakan sensasi adrenalinenya terutama saat melewati jalan-jalan bumpy.

 

[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar