Ngeri, Great Wall Motors Asal China Mau Ambil Alih Pabrik Nissan

Berita Otomotif

Ngeri, Great Wall Motors Asal China Mau Ambil Alih Pabrik Nissan

BARCELONA – Great Wall Motors, salah satu produsen mobil asal China, akan mendiskusikan rencana membeli pabrik Nissan di Spanyol.

Great Wall Motors, seperti dilaporkan Reuters awal Oktober 2021, bakal duduk satu meja dengan otoritas Spanyol serta Nissan. Agenda pertemuan mereka adalah membicarakan akuisisi salah satu pabrik Nissan di Barcelona.

Sebagai informasi, pada Desember tahun ini Nissan bersiap menutup tiga pabrik mereka yang berlokasi di sana. Secara total, ketiga fasilitas ini mempekerjakan sekitar 3.000 orang secara langsung dan 20 ribu orang secara tak langsung.

Sebagian dari mereka ditawari pensiun dini atau skema-skema ganti rugi lainnya oleh Nissan.

mobil listrik Nissan Ariya

Great Wall Motors tertarik dengan pabrik berkapasitas produksi terbesar. Sementara itu, dua pabrik lainnya kemungkinan akan dibeli oleh dua korporasi lokal, yakni produsen motor listrik Silence dan pengembang teknologi kendaraan listrik QEV Techologies.

Keduanya pun sedang bersiap menjalin pertemuan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan juga dengan Nissan.

“Kami percaya kami bisa menemukan solusi yang nantinya menguntungkan bagi semua pihak terkait,” ucap Divisional Vice President, Corporate Strategy and Overseas Programme Directors’s Office, Nissan Europe Frank Torres.

Nissan pertama kali mengumumkan rencana penutupan tiga pabrik di Spanyol pada tahun lalu. Kala itu mereka mengatakan bahwa, ini merupakan bagian daripada restrukturisasi global yang dilakukan oleh perusahaan asal Jepang tersebut.

Nissan

Awalnya, pemberhentian operasi pabrik-pabrik Nissan di Barcelona ingin dilakukan pada Desember 2020. Akan tetapi, jadwal itu ditunda selama setahun karena adanya proyek industrial alternatif dengan otoritas setempat.

Sebelum Great Wall Motors, pembuat mobil asal Belgia Punch sempat menjajaki kemungkinan menyengget pabrik Nissan di ‘Negeri Matador’. Meski demikian, diskusi tersebut saat ini menemui jalan buntu.

Great Wall Motors, produsen SUV, truk pikap, dan kendaraan ramah lingkungan yang bermarkas di kota Baoding, sebenarnya masih merahasiakan rencana membeli pabrik Nissan di Barcelona.

Kendati begitu, sumber internal yang mengetahui permasalahan membocorkan bahwa hal ini—jika terealisasikan—bisa membuat 1.300 karyawan di pabrik itu tetap memiliki pekerjaan. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar