Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Modifikasi Toyota Hilux yang Simpel tapi Keren? Ganti Velg Saja!

Panduan Pembeli

Modifikasi Toyota Hilux yang Simpel tapi Keren? Ganti Velg Saja!

Toyota Hilux merupakan mobil dengan tongkrongan yang gagah. Tampilannya bisa dibuat lebih gagah lagi secara simpel lewat modifikasi velg (pelek).

Toyota Hilux merupakan salah satu model populer di segmen pickup double cabin (D-Cab). D-Cab kerap digunakan untuk dua tujuan yaitu sebagai kendaraan komersial atau sebagai mobil hobi.

Sebenarnya, tampang Toyota Hilux standar saja sudah terbilang maskulin bagi pria. Namun, kadar kemachoannya bisa ditingkatkan lagi lewat modifikasi, salah satunya modifikasi velg.

Toyota Hilux modifikasi velg

Ya, modifikasi velg adalah solusi untuk mengubah penampakan mobil menjadi lebih keren, dengan usaha yang simpel plus biaya yang relatif lebih terjangkau. Tidak terkecuali pada Toyota Hilux.

Artikel kali ini akan membahas mengenai panduan modifikasi velg Toyota Hilux, berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber. Namun, sebelum itu, mari mengetahui dulu harga terkini dari Toyota Hilux.

Harga Toyota Hilux D-Cab Terbaru 2024

Toyota Hilux 2024

Toyota Hilux untuk Indonesia terakhir kali mendapatkan pembaruan model pada Februari 2024 kemarin. Inilah model pertama yang Toyota segarkan pada tahun bershio naga kayu.

Toyota Hilux yang versi D-Cab dipasarkan di Tanah Air dalam empat tipe. Berikut adalah harga on the road (OTR) Jakartanya pada akhir Maret 2024:

  • 2.4 E 4x4 MT Rp442.200.000
  • 2.4L E-RTS 4x4 MT (Spot Order) Rp451.000.000
  • 2.4 G 4x4 MT Rp475.600.000
  • 2.4 V 4x4 AT Rp526.550.000

Nah, setelah menelisik harga terakhir dari Toyota Hilux D-Cab, mari mengulas mengenai panduan modifikasi velg untuk kendaraan ‘jantan’ satu ini!

Tips Modifikasi Velg Mobil, Berlaku juga bagi Toyota Hilux!

Toyota Hilux modifikasi velg

Secara desain dan spesifikasi, Toyota Hilux sejatinya adalah mobil untuk keperluan offroad. Oleh karena itu, D-Cab ini biasa digunakan oleh para pekerja di pertambangan, perkebunan, atau untuk aktivitas berpetualang para offroader.

Lewat modifikasi velg, Toyota Hilux bisa dibuat agar berkesan makin offroad, lebih sporti, atau lebih elegan. Semua tergantung pada pemilihan desain velg-nya.

Desain velg kembali lagi pada selera masing-masing. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat memodifikasi velg.

Berikut paparannya:

Jangan Memilih Velg Berdiameter Terlalu Besar

Hal pertama sekali yang harus diperhatikan saat memodifikasi velg adalah diameter velg. Memperbesar ukuran velg memang sering dilakukan karena bisa membuat mobil tampak makin gagah, tapi jangan pula memilih yang terlampau besar.

Banyak pihak menyarankan diameternya velg modifikasi jangan naik lebih dari dua inci, jika dibandingkan dengan ukuran velg standar. Jika aturan ini dilanggar, ban mobil bisa terlalu mepet dengan fender atau sepatbor.

Sebagai gambaran, velg standar Toyota Hilux adalah 15 inci untuk varian single cabin dan 17 inci untuk varian D-Cab. Jadi, kalau ingin memodifikasi velg Toyota Hilux, sebaiknya diameter terbesar yang dipilih adalah 17 inci untuk single cab dan 19 inci untuk D-Cab.

Memperhatikan Offset Velg

Poin penting lain saat memodifikasi velg ialah mengetahui offset velg. Offset, atau biasa juga diistilahkan sebagai ‘ET’, merupakan jarak antara bagian penampang tengah velg dari garis tengah velg.

Angka offset velg yang positif menunjukkan bahwa posisi penampang tengah velg condong ke sisi luar velg. Adapun angka offset negatif berarti posisi penampang tengah velg cenderung ke bagian dalam velg.

Sementara itu, jika angka offset velg nol, maka posisi lubang velg berada pas di garis tengah velg.

Pengetahuan offset velg penting untuk wheel fitment (pas-tidaknya ban). Aspek ini tidak hanya terkait dengan estetika, tetapi juga menyangkut kinerja kaki-kaki.

Offset velg yang tidak pas akan mengganggu kinerja kaki-kaki. Efeknya, kaki-kaki bisa cepat rusak, memperpendek umur ban, merusak fender, hingga potensi ban robek atau bahkan meledak dalam jangka panjang.

Offset velg Toyota Hilux standar yang D-Cab tergantung dari varian, tapi di antaranya ialah ET 30. Jika ingin memodifikasi velg dengan ukuran seperti itu, kisaran offset yang direkomendasikan berada di kisaran ET 28 sampai ET 32.

Sesuaikan dengan Spesifikasi Baut Velg (PCD/Pitch Circle Diameter)

Selanjutnya, sesuaikan velg modifikasi dengan spesifikasi baut velg dari mobilnya. Tolok ukurnya disebut sebagai PCD yang berarti ‘jarak lubang baut pada velg’.

Contoh angka indikator PCD misalnya 4x100, 5x112, 4x114.3, atau 5x114.3. Angka di depan menunjukkan jumlah baut (4 berarti memakai empat baut, lima berarti menggunakan lima baut) dan angka di belakang mengindikasikan jarak diameter antarbaut yang menggunakan satuan milimeter.

PCD velg Toyota Hilux D-Cab ialah 6x139,7. Dari sini, bisa diketahui kalau model tersebut menggunakan enam batu, dengan jarak diameter antarbautnya 139,7 milimeter.

Mencermati Lebar Velg

Mencermati lebar velg, ketika memodifikasi velg Toyota Hilux juga tak kalan penting. Lebarnya harus sesuai dengan sepatbor mobil yang terletak di dekat ban.

Velg yang terlalu lebar membuat bibir velg atau ban dapat menyentuh bagian dalam fender.

Jika ingin tetap ‘bandel’ memilih velg dengan lebar terlampau ekstrem demi alasan tampilan, solusinya adalah mengubah bagian kaki-kaki dan tentunya perlu usaha maupun biaya ekstra untuk melakukannya.

Jangan Lupa Mengetes Kualitas Velg

Pastinya, kualitas velg aftermarket incaran Anda harus pula diuji. Anda pasti tidak mau hasil modifikasi velg Toyota Hilux Anda tidak bertahan lama karena kualitasnya jelek, bukan?

Beruntung, ada satu cara gampang untuk menebak kualitas velg. Gantung velg tersebut menggunakan karet, lalu pukul-pukul materialnya menggunakan obeng.

Dengarkan hasil dengungan dari velg tersebut. Velg berkualitas bagus biasanya mengeluarakan bunyi dengung halus yang bertahan lama, sedangkan velg yang menggunakan material buruk cenderung menghasilkan dengung yang keras dan singkat.

Kesimpulan

Toyota Hilux 2024

Toyota Hilux D-Cab sekarang berbanderol Rp400-500 jutaan. Harga OTR Jakartanya, pada akhir Maret 2024, berada di rentang Rp442,2 juta sampai dengan Rp526,55 juta.

Di Indonesia, Toyota Hilux memang kalah laris ketimbang multi purpose vehicle (MPV) seperti Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova Zenix, juga sport utility vehicle (SUV) semisal Toyota Rush dan Toyota Fortuner.

Meski begitu, model D-Cab layaknya Toyota Hilux tetap punya basis konsumennya sendiri. Kebanyakan dari mereka adalah korporasi pertambangan atau Perkebunan dan sebagian kecilnya ialah pehobi offroad.

Para pehobi inilah yang kerap memodifikasi Toyota Hilux agar tampilannya makin keren, gagah, atau macho. Di antaranya lewat modifikasi velg dan ban.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat memodifikasi velg mobil, termasuk Toyota Hilux. Di samping memperhatikan besar diameter velg, perlu juga mengetahui offset velg, mengetahui PCD velg, mencermati lebar velg, dan tentunya menguji kualitas velg.

Modifikasi velg dapat membuat Toyota Hilux atau mobil-mobil yang lainnya terlihat makin menonjol di jalan. Kalau ditambah lagi dengan modifikasi ban, kemampuan offroad Toyota Hilux Anda bahkan bisa makin moncer. [Xan/YS]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang