Model Apa yang Akan Jadi Mobil Dinas Terbaru Menteri? Ini Kata Toyota

Berita Otomotif

Model Apa yang Akan Jadi Mobil Dinas Terbaru Menteri? Ini Kata Toyota

JAKARTA - Toyota Indonesia, sebagai kandidat kuat mobil dinas menteri terbaru, masih tutup mulut mengenai tender yang dimenangkan oleh salah satu induk perusahaan mereka.

Seperti diberitakan sebelumnya, tender tersebut telah dimenangkan oleh PT. Astra International (Grup Astra) dengan Harga Perkiraan Sendiri (Harga Perkiraan Sendiri (HPS) ialah Rp 147.312.469.200 dan harga hasil negosiasi Rp 147.229.317.000. Adapun anggaran pemerintah adalah Rp 152.540.300.000.

Grup Astra sendiri merupakan pemegang saham PT. Toyota Astra Motor (TAM), distributor resmi merek tersebut di Indonesia, selain Toyota Motor Corporation. Di samping menangani bisnis Toyota di Nusantara, mereka juga memegang merek-merek lain seperti Daihatsu, Isuzu, dan Peugeout.

Adapun dua mobil dinas menteri terakhir bermerek Toyota. Wajar jika ada dugaan kemenangan Grup Astra membuat Toyota akan kembali menyuplai kendaraan resmi teranyar para pembantu presiden di Indonesia.

Mobil123.com kemudian mencoba menanyakan apakah sudah ada instruksi atau arahan dari Grup Astra agar TAM kembali mendistribusikan mobil dinas menteri terbaru nanti. Sayangnya, TAM masih belum bersedia memberikan konfirmasi maupun keterangan apa pun.

“Saya belum bisa memberikan komentar mengenai hal ini. Mungkin sebaiknya ditanyakan ke instansi pemerintah terkait,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM melalui pesan singkat pada Kamis (22/8/2019).

Sekadar menginformasikan, berdasarkan penelusuran Mobil12.com, para menteri di Kabinet Indonesia Bersatu I (2004 - 2009) yang ada di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggunakan Toyota Camry saat berdinas. Modelnya berganti menjadi Toyota Crown Royal Saloon di Kabinet Indonesia Bersatu II (2009 - 2014).

Saat SBY, sapaan akrab Susilo Bambang Yudhoyono, digantikan oleh Joko Widodo, Kabinet Kerja I (2014 - 2019) yang kemudian ia pimpin masih menggunakan Crown Royal Saloon. Belum ada keterangan mengenai kapan mobil dinas terbaru untuk menteri mulai digunakan, tapi kemungkinan baru setelah Oktober saat Jokowi, panggilan Joko Widodo, sudah dilantik untuk periode kedua hingga 2024.

Belum ada keterangan pasti mengenai apa model mobil dinas para menteri nantinya. Namun, salah satu yang potensial adalah Toyota Camry hybrid karena Jokowi menginginkan agar pasar dan industri otomotif nasional mulai bergeser secara bertahap ke mobil listrik. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support