Mobil Otonom Google Segera Jalani Tes di Kondisi Hujan Badai

Berita Otomotif

Mobil Otonom Google Segera Jalani Tes di Kondisi Hujan Badai

WASHINGTON D.C - Mobil otonom yang dikembangkan induk perusahaan Google, Alphabet, akan segera menjalani tes di kondisi cuaca buruk.

Seperti diketahui, Alphabet bentuk divisi khusus untuk riset dan pengembangan mobil otonom yaitu Waymo. Prototipe mobil-mobil tanpa sopir itu dibuat dengan menggunakan Chrysler Pacifica serta Jaguar I-Pace.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut, seperti diwartakan Carscoops baru-baru ini, bersiap membawa armada mobil otonom Pacifica serta I-Pace ke Florida demi menjalani serangkaian tes. Di sana, mobil-mobil ini akan dijajal dalam kondisi hujan badai.

Florida memang tempat yang tepat untuk melaksanakan pengujian jenis ini. Pasalnya, wilayah yang dahulu merupakan daerah jajahan Spanyol ini merupakan salah satu kota terbasah di ‘Negeri Paman Sam’ dengan rata-rata curah hujan tahunan 157 cm.

Waymo mengatakan hujan berat dapat menciptakan banyak ‘noise’ atau gangguan pada sensor-sensor mobil otonom. Jalanan yang basa, di sisi lain, bisa mengubah perilaku para pengguna jalan sehingga kendaraan tanpa sopir dituntut untuk mampu bereaksi secara khusus dalam situasi tersebut.

Pengetesan awalnya dimulai di area tertutup di Naples. Di sana, berbagai perangkat seperti sistem lidar, kamera, serta radar mendapat ‘tantangan’.

Tak lama setelah itu, Waymo beralih ke jalan umum di Miami. Mobil-mobil otonom mereka bakal dikemudikan dulu secara manual agar beragam sistem di dalam kendaraan bisa mengumpulkan data mengenai situasi mengemudi sebenarnya saat hujan badai.

Waymo berencana pula menguji armada mobil otonom di berbagai jalan bebas hambatan di Orlando, Tampa, Fort Myers, plus Miami. Dan Walikota Miami, Francis Suarez, menyatakan rasa bangganya terhadap keputusan Waymo memilih Florida sebagai lokasi pengujian mobil otonom.

“Keputusan Waymo memilik Miami sebagai basis pengetesan dari teknologi termutakhir mereka menunjukkan posisi kota ini sebagai salah satu pusat inovasi. Sebagai Kota Pintar, kami secara konstan bekerja memodernisasi bagaimana kami bergerak dan bepergian. Kerja Waymo sejalan dengan misi Miami untuk mengakrabi teknologi untuk memecahkan masalah dan meningkatkan kulitas hidup dengan tetap memprioritaskan keamanan serta efisiensi,” klaimnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar