Kembangkan Mobil Otonom, Google dan Fiat Chrysler Bergandengan

Berita Otomotif

Kembangkan Mobil Otonom, Google dan Fiat Chrysler Bergandengan

AUBURN HILLS -  Mobil otonom telah digadang-gadang akan menjadi kendaraan masa depan dan menggantikan peran manusia dalam mengemudi.

Dua perusahaan terkenal Google Self-Driving Car Project dan FCA (Fiat Chrysler Automobiles) bekerjasama untuk menyematkan teknologi mobil otonom dari Google pada Chrysler Pacifica Hybrid 2017. Ini merupakan pertama kalinya Google bekerjasama dengan produsen mobil untuk mengintegrasikan sistem mobil otonom, termasuk sensor dan software pada sebuah kendaraan penumpang.

Chrysler Pacifica Hybrid akan digunakan pada akhir tahun ini untuk pengujian mobil otonom Google, menjadikan jumlah mobil pengujian Google meningkat lebih dari 2 kali lipat dibanding saat ini. Tanggung jawab pengembangan akan dibagi pada keahlian masing-masing perusahaan.

Artikel bersambung dibawah

FCA akan melakukan desain dan mengembangkan sekitar 100 kendaraan unik yang dibangun untuk mobil otonom Google. Sementara Google akan mengintergrasikan sensor dan komputer yang mampu melakukan navigasi untuk mengemudi sendiri.

Guna mempercepat pengembangan, maka keduanya akan merelokasi sebagian tim mereka pada sebuah fasilitas yang sudah disiapkan di Michingan sehingga desain, pengujian dan pembuatan Chrysler Pacifica akan lebih cepat selesai.

“FCA memiliki tim yang berpengalaman dan Chrysler Pacifica Hybrid merupakan kendaraan yang tepat untuk teknologi mobil otonom dari Google. Kesempatan untuk bekerja sama dengan para insinyur FCA akan meningkatkan upaya kami untuk mengembangkan mobil otonom sepenuhnya dan membuat perjalanan menjadi lebih aman serta memudahkan bagi mereka yang tidak dapat mengemudi,” ungkap John Krafcik, CEO Google Self-Driving Car Project..

Mobil otonom berpotensi mencegah 33.000 kematian yang terjadi setiap tahunnya di Amerika Serikat. 94% kecelakaan disebabkan oleh kesalahan manusia. Kerjasama ini diharapkan akan membantu FCA dan Google untuk memberi pemahaman pada dunia akan pentingnya mobil otonom.

“Bekerja dengan Google memberi kesempatan bagi FCA untuk bermitra dengan salah satu perusahaan teknologi terbaik untuk mempercepat inovasi industri otomotif. Pengalaman dari kedua perusahaan akan menjadi dasar dalam solusi teknologi otomotif untuk masyarakat,” tambah Sergio Marchionne, Chief Executive Officer, FCA. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual