Mobil Otonom Beresiko Timbulkan Banyak Masalah Baru

Berita Otomotif

Mobil Otonom Beresiko Timbulkan Banyak Masalah Baru

LONDON - Mobil otonom diyakini akan menawarkan berkendara yang lebih aman, namun beragam masalah baru akan bermunculan.

Salah satu masalah terbesar adalah krisis organ manusia. Select Car Leasing, sebuah perusahaan leasing mobil bekas di Inggris mengatakan bahwa umumnya organ donor didapatkan dari korban meninggal sebuah kecelakaan. Namun, mobil otonom yang aman akan membuat resiko kecelakaan berkurang dan menyebabkan organ donor menjadi langka.

“20 persen dari organ donor adalah dari kecelakaan kendaraan. Setelah mobil otonom diaplikasikan, maka diperkirakan akan ada penurunan kecelakaan sebesar 90 persen. Akibatnya, organ yang tersedia untuk orang membutuhkan akan semakin langka,” ungkap perusahaan tersebut.

Namun tentu saja masih banyak hal positif dari mobil otonom. Salah satunya adalah tingkat stress di jalan akan jauh menurun. Karenanya, tingkat kesehatan nasional akan menjadi lebih kecil dibandingkan bila masyarakat masih menggunakan mobil konvensional.

Tingkat kecelakaan juga akan semakin berkurang, yang artinya jumlah korban meninggal di jalan akan menurun. Demikian pula kecelakaan yang disebabkan karena pengemudi mabuk pun akan turun namun jumlah konsumsi alkohol secara keseluruhan diperkirakan akan meningkat. Ini karena mereka tidak perlu khawatir untuk mengemudi.

Demikian pula populasi kendaraan yang akan mengalami penurunan. Sedikitnya jumlah kendaraan akan mbuat kemacetan khususnya di kota besar akan berkurang. Kondisi ini diperkirakan karena mobil otonom akan menggunakan sistem langganan sehingga masyarakat tidak perlu membelinya. Masyrakat cukup menyewanya sesuai dengan kebutuhan mereka ketika itu.

Di sisi lain, kondisi tersebut merupakan sebuah masalah tersendiri karena akan ada banyak pemecatan ketika mobil otonom mulai diproduksi. Pemerintah harus mencari jalan penyelesaian bila tidak ingin terjadi pengangguran besar-besaran. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual