Mobil-mobilan Aston Martin Ini Harganya 2 Kali Innova

Berita Otomotif

Mobil-mobilan Aston Martin Ini Harganya 2 Kali Innova

LONDON – Ada mainan baru untuk anak orang kaya yaitu mobil-mobilan Aston Martin DB5. Pabrikan otomotif asal Inggris itu berkolaborasi dengan The Little Car Company untuk membuat mainan yang harganya jauh melampaui Toyota Kijang Innova itu.

Mobil-mobilan tersebut, menurut Carscoops baru-baru ini, bernama Aston Martin DB5 Junior. Harganya termurahnya 35 ribu pound sterling atau sekitar Rp 679,93 juta (1 pound sterling = Rp Rp 19.426) untuk tipe ‘standar’ (plus pajak).

Masih ada lagi tipe DB5 Vantage Junior. Banderolnya lebih gila lain yakni mulai 45 ribu pound sterling atau sekitar Rp 874,20 juta.

Harga itu jauh lebih mahal dari kendaraan sungguhan di kelas menengah di pasar Indonesia. Sebagai contoh, salah satu multi purpose vehicle (MPV) terfavorit di Tanah Air, Kijang Innova, per akhir Agustus ini menurut situs resmi dijual mulai Rp 326,05 juta sampai Rp 482,60 juta on-the-road Jakarta. Jadi, banderol DB5 Junior bisa 2 kalinya Innova.

DB5 Junior merupakan mobil-mobilan skala dua per tiga. Dengan harga sedemikian tinggi, mainan tersebut memang menawarkan otentisitas plus akurasi tinggi jika dibandingkan dengan DB5 sungguhan.

Dimensi panjangnya berkisar 3 meter, dengan lebar 1,1 meter. Mobil-mobilan ini didesain untuk mengakomodasi satu orang dewasa dan satu anak kecil berdampingan di tempat duduknya.

Berat kosong DB5 Junior relatif rendah, hanya 270 kg. Bobot ini bisa dicapai berkat sasis aluminum honeycomb plus bodi komposit.

Sistem penggerak bertenaga listrik di balik bodi menggelontorkan tenaga 6,7 hp menuju dua roda belakang. Daya sejumlah itu cukup untuk membuatnya memiliki kecepatan puncak 48 km per jam.

DB5 Vantage Junior malahan memproduksi daya 13,4 hp di mode ‘Vantage’ serta mempunyai limited slip-differential, bodi serat karbon, dan paket baterai kedua untuk jarak 32 – 64 km. Kecepatan puncaknya meningkat pula hingga ‘level yang belum bisa terkonfirmasi’.

Detail-detail di eksterior maupun interior dibuat amat identik dengan aslinya. Begitu identik sampai-sampai Aston Martin dan The Little Car Company mereplikasi suspensi milik DB5 sungguhan pada mobil-mobil tersebut.

Keempat roda sudah dibekali dengan rem cakram plus fitur Regenerative Braking. DB5 Junior memiliki lampu depan, lampu belakang, lampu-lampu indikator, klakson, yang semuanya bekerja dengan baik. Ada pula bagasi pada bagian buritan.

Produksi DB5 Junior rencananya dimulai tahun depan. Pengiriman kepada konsumen di seluruh dunia dilakukan bergiliran hingga dua tahun berikutnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar