Aston Martin DB5 James Bond Terjual Rp 90 Miliar

Berita Otomotif

Aston Martin DB5 James Bond Terjual Rp 90 Miliar

CALIFORNIA - Aston Martin DB5 berspesifikasi sama persis dengan yang ada di film James Bond laku lebih dari Rp 90 miliar dalam sebuah lelang.

Kisah tersohor dalam sebuah mobil dapat membuatnya bernilai amat mahal. Inilah yang terjadi pada Aston Martin DB5 yang dilelang oleh RM Sotheby’s di Pebble Beach, California, pada bulan ini.

Model tersebut baru-baru ini dikabarkan laku 6.385.000 dollar AS (Rp 90,93 miliar) sehingga menjadikannya sebagai mobil Bond termahal dalam sejarah. Banderol tersebut lebih besar dari perkiraan yaitu antara 4 - 6 juta dollar AS (Rp 56 - 85 miliar).

DB5 memang istimewa karena amat lekat dengan sosok mata-mata Inggris James Bond, yang merupakan tokoh fiktif hasil rekaan Ian Fleming. DB5 pertama kali digunakan Bond dalam film ‘Goldfinger’ (1964) dan sejak itu selalu dianggap sebagai ‘mobil James Bond sebenarnya’.

DB5 yang dilelang di Pebble Beach lebih spesial lagi karena inilah salah satu unit dengan spesifikasi persis sama dengan yang ada pada film tersebut. Fitur-fitur di dalamnya juga sama, yakni kaca anti peluru yang bisa dinaik-turunkan, penyemprot oli licin ke jalan, tempat pelat nomor kendaraan yang bisa berganti-ganti, smoke screen, kursi lontar, radar di dasbor, sampai tempat machine gun tersembunyi yang bisa muncul dari dalam kendaraan.

Unit yang dilelang dibuat atas permintaan Eon Production sebagai rumah produksi film-film James Bond ketika itu. Mereka kemudian menggunakannya untuk mempromosikan film Bond selanjutnya, ‘Thunderball’ (1965).

Dengan demikian, DB5 bernomor sasis DB5/2008/R ini sebenarnya tidak dipakai dalam syuting film ‘Goldfinger’.

Seluruh fungsi dapat berjalan dengan baik karena DB5 James Bond yang ditawarkan sudah mengalami restorasi menyeluruh. Pengerjaannya berlangsung selama empat tahun dan selesai pada 2012.

Restorasi dilakukan oleh Roos Engineering di Swiss. Bengkel ini adalah satu dari hanya 13 fasilitas di seluruh dunia yang mendapat izin dari Aston Martin sebagai ‘Heritage Specialists’ atau bengkel yang dapat melakukan restorasi mobil-mobil Aston Martin lawas. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar