Aston Martin Langka Bekas David Beckham Dijual Rp 8 Miliar

Berita Otomotif

Aston Martin Langka Bekas David Beckham Dijual Rp 8 Miliar

LONDON – Mobil-mobil yang sedang atau pernah dimiliki para pesohor dunia selalu menarik perhatian. Apalagi jika figur publik itu setenar David Beckham dan mobilnya adalah Aston Martin langka.

Karena itu, tak mengherankan jika mobil bekas Beckham yang kini sedang dilelang secara daring (online) melalui situs Auto Trader kemudian menyita perhatian media massa. Modelnya sendiri pun sebenarnya sudah cukup menarik yaitu Aston Martin AMV8 Volante.

Para kolektor mobil klasik pasti berbinar-binar melihat Aston Martin satu ini. Pasalnya, mobil ini langka.

Pabrikan asal Inggris tersebut hanya membuatnya sebanyak 78 unit pada akhir 1980-an. David Beckham pernah membeli satu di antaranya.

Mantan pesepakbola Manchester United, Real Madrid, AC Milan, serta LA Galaxy itu memilikinya selama 15 tahun, sampai 2018 kemarin. Ia bahkan ikut membawa dan menyimpannya di Spanyol, ketika sedang membela Madrid.

Ketika dimiliki oleh pemain berposisi sayap kanan itu, pelat nomor polisinya dipesan khusus dengan tulisan ‘DB1001’. Mobil ini cukup sering difoto oleh paparazzi di jalanan London Barat.

Statusnya sebagai mobil langka saja sudah cukup untuk membuat Aston Martin AMV8 Volante berharga mahal. Apalagi ditambah fakta bahwa ini pernah digunakan, dikemudikan, serta diduduki salah satu atlet paling terkenal di dunia yaitu David Beckham.

Label harganya, seperti dilaporkan Motor1 baru-baru ini, mencapai 445 ribu pound sterling. Jika dirupiahkan, nilainya setara dengan sekitar Rp 8,02 miliar (1 pound sterling = Rp 18.041).

Aston Martin langka bekas Beckham berwarna merah tua, dengan interior berbalut kulit mewah berwarna krem. Sistem penggeraknya mengandalkan mesin V8 berdaya hampir 438 hp.

Mesin tersebut dipadupadankan dengan transmisi manual lima-percepatan. Sebagai mobil lawas, wajar jika AMV8 Volante belum menggunakan girboks otomatis. Beberapa pihak malah melihat aspek ini menambah keeksotisan sebuah mobil klasik.

Meski bertransmisi manual, kemampuannya tak bisa dianggap enteng. Akselerasi 0 – 100 km/jam digapai hanya dalam 5,2 detik. Adapun kecepatan maksimalnya mencapai 270 km per jam.

Sebelum pandemi virus Corona melanda ‘Negeri Ratu Elizabeth’ hingga menyebabkan lockdown (karantina wilayah), AMV8 Volante Beckham sempat dipajang di London Classic Car Show pada Februari silam.

“Kita tahu, David Beckham cukup gemar otomotif dan punya beragam kendaraan dari mulai Bentley, Rolls-Royce, sampai tentu saja Aston Martin. AMV8 Volante ini adalah mobil klasik menawan dan saya tidak terkejut dia menyimpannya begitu lama. Sangat keren mengetahui bahwa seseorang di publik sekarang bisa membelinya, tentu saja jika dia punya hampir setengah juta pound sterling,” kata Rory Reid dari Auto Trader. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar