Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Listrik Murah China Makin Banyak, Kapan Chery akan Menyusul?

Mobil Listrik

Mobil Listrik Murah China Makin Banyak, Kapan Chery akan Menyusul?

TANGERANG – Merek-merek China makin banyak memasarkan mobil listrik murah di Indonesia. Lantas, kapan Chery akan bergabung?

Sekarang, pilihan mobil listrik China seharga Rp100-300 juta-an cukup beragam. Wuling Air EV baru saja meluncurkan varian baru yang lebih murah dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada 10-20 Agustus kemarin, lalu ada juga Seres E1 dan Neta V.

Seres E1 meluncur dalam GIIAS 2023 dengan harga Rp189-219 juta on the road (OTR) Jakarta.

Neta V juga diperkenalkan di pameran itu dengan banderol spesial Rp379 juta OTR Jakarta untuk pemesanan selama event berlangsung.

Menanggapi situasi ini, eksekutif Chery mengaku belum punya rencana merilis mobil listrik murah, meskipun mereka punya produknya di China seperti Chery EQ1.

“Kami tidak punya rencana meluncurkan mobil listrik kecil, setidaknya dalam waktu dekat ini,” tegas President Director PT Chery Motor Indonesia (CMI) Shawn Xu dalam wawancara di sela-sela GIIAS 2023 di Serpong, Tangerang.

Dia mengatakan setiap merek China punya target pasar maupun strategi produk yang berbeda-beda. Chery, menurut Shawn, tidak mau merilis produk yang hanya mempertimbangkan aspek kompetitivitas harga.

“Merek yang berbeda punya target berbeda. Kami ingin menyediakan produk-produk terbaik kepada konsumen. Kami bukan hanya ingin memasarkan produk-produk yang harganya sekadar terjangkau. Itu bukan gaya kami,” tegas Shawn.

Chery Omoda 5 EV

Oleh karena itulah, lanjutnya, Chery lebih memilih mendatangkan Omoda 5 EV sebagai calon ‘jagoan’ pertama mereka di pasar mobil listrik Indonesia. Pemesanan resmi Omoda 5 EV sudah dibuka sejak GIIAS 2023, tapi peluncurannya baru berlangsung akhir 2023 atau awal 2024 kelak.

“Saat Anda melihat Omoda 5 EV, Anda akan melihat juga perbedaannya dibandingkan dengan (mobil-mobil listrik murah China) lainnya. Itulah yang kami inginkan,” tandas Shawn.

Harga Omoda 5 EV, sayangnya, belum diungkap. Shawn bahkan tidak bersedia menyebut perkiraannya.

Dia mengatakan Chery masih mengkalkulasikan banderol Omoda 5 EV.

“Struktur biayanya dari China ke sini, kemudian dirakit di sini, belum terlalu klir. Kami tidak ingin membuat keputusan yang salah. Setiap isu yang belum pasti harus benar-benar kami cari tahu, baru kami tentukan. Kami tidak terlalu terburu-buru karena masih punya waktu sampai akhir tahun ini,” papar dia.

“Tapi, harganya nanti pasti akan sangat bagus,” janjinya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang