Mobil Listrik Honda akan Dibuatkan oleh General Motors

Berita Otomotif

Mobil Listrik Honda akan Dibuatkan oleh General Motors

CALIFORNIA - Honda bekerjasama dengan General Motors (GM) dalam membuat mobil listrik, model-model crossover sedang dipersiapkan dalam 4 tahun ke depan.

Honda dan GM beberapa waktu lalu memang sudah menandatanggani nota kesepahaman yang tidak mengikat untuk beraliansi startegis di Amerika Utara. Kolaborasi ini sendiri akan fokus pada join produksi mobil listrik di masa depan.

Honda disebutkan sangat tertarik dengan teknologi bateri Ultium yang telah dikembagkan sejak lama oleh GM. Kabarnya GM mulai menciptakan sel Ultium sejak tahun 1970 dan Chevrolet Vega menjadi kelinci percobaan mereka kala itu.

Sementara sebaliknya, GM menyambut baik kerjasama ini. Tentunya ini adalah mitra berharga dalam pengembangan kendaraan listrik baru di masa depan.

Saat ini dilaporkan GM akan mulai membangun sepasang crossover bertenaga listrik untuk Honda. Keduanya diperkirakan akan selesai dan kemungkinan diluncurkan pada 4 tahun ke depan.

Salah satu kendaraan menurut rencana akan dikembangkan dan diproduksi di pabrik GM di Meksiko. Saat ini fasilitas tersebut digunakan untuk membuat Blazer dan Equinox.

Sementara crossover kedua yang kabarnya akan dijual sebagai Acura akan diproduksi di Tennessee. Dan untuk diketahui, pada fasilitas tersebut GM sedang mengembangkan Cadilac Lyriq EV.

cadillac lyriq EV
Khusus untuk model Acura yang belum punya nama resmi ini rencananya akan masuk line produksi pada 2024. Dan menurut sebuah sumber terpercaya, model Acura ini akan meluncur tepat 2 tahun setelah Lyriq EV diluncurkan.

Honda sendiri memang sampai saat ini belum fokus memproduksi mobil bertenaga listrik. Sama dengan kebanyakan pabrikan Jepang lainnya, mereka masih fokus pada mobil konvensional dan juga hybrid atau energi alternatif.

Hingga saat ini satu-satunya mobil listrik Honda yang telah dipasarkan adalah Honda e. City car listrik ini sendiri kemungkinan tidak akan sampai dijual di Amerika Serikat, sepertinya hanya akan ada di Eropa dan Asia saja.

Satu mobil listrik Honda lainnya adalah SUV E Concept yang muncul di Beijing Auto Show 2020 lalu. Desain mobil ini sepertinya akan sama dengan yang akan di produksi oleh GM. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar