Mobil Balap Listrik Formula E Generasi Pertama Dijual Bebas

Berita Otomotif

Mobil Balap Listrik Formula E Generasi Pertama Dijual Bebas

LONDON – Mobil balap listrik Formula E generasi pertama dengan jumlah hanya puluhan unit dijual dengan rentang harga Rp 2 – 4 miliar per unitnya.

Penyelenggara Formula E, seperti diwartakan Bloomberg belum lama ini, menjual 40 unit mobil balap listrik generasi pertama di ajang tersebut. Harganya dimulai dari 200 – 289 ribu dollar AS (Rp 2,91 – 4,21 miliar).

Formula E sendiri segera menghadirkan mobil balap listrik generasi kedua pada 2019. Mobil-mobil balap nihil emisi yang dijual saat ini sudah beroperasi sejak seri perdana digelar pada 2014.

“Saya pikir orang-orang suatu saat nanti akan melihat mobil balap listrik generasi ini dengan sebuah memori khusus karena ini adalah sebuah awal dari sesuatu yang spesial,” kata Alejandro Agag, Founder and Chief Executive Officer of Formula E.

Karena itu, ia percaya mobil balap listrik Formula E seken punya pasar tersendiri dengan konsumen yang terdiri dari para kolektor. Apalagi, ke-40 kendaraan tersebut masih berfungsi dengan sangat baik.

“Saya tahu ada ketertarikan dari kolektor-kolektor kendaraan. Semua mobil ini bahkan bisa digunakan untuk balap,” sambung Alejandro lagi dari kantor pusat Formula E di London, Inggris.

Penentuan Harga
Puluhan mobil balap listrik Formula E generasi pertama yang dilego memiliki sasis dan baterai identik. Formula E empat tahun lalu membelinya seharga 18,2 juta dollar AS (Rp 265,41 miliar), sebelum menyewakannya kepada tim peserta balapan.

Nilai jualnya sendiri nanti tergantung dari jumlah kemenangan yang diraih tiap mobil, sentimen, atau besarnya minat dari kolektor.

Bicara spesifikasi, jet darat tanpa timbal ini bernama Spark-Renault SRT_01E dan platformnya dibangun oleh Spark Racing Technology. Sementara, baterainya disuplai oleh Williams Advanced Engineering. Gelontoran daya dari motor penggeraknya mencapai 250 hp.

Sebagai generasi pertama, tentunya kemampuan baterai untuk dipakai kebut-kebutan masih jauh dari kata sempurna. Jarak tempuhnya adalah sekitar 10 putaran sehingga untuk melibas 40 putaran diperlukan empat unit kendaraan. Pembalap mesti melakukan pit stop dan berganti-ganti mobil.

Generasi keduanya kelak sudah berkemampuan lebih baik. Pasalnya, dengan hanya sekali pengecasan, mobil bisa melaju dengan kecepatan tinggi tanpa perlu diganti hingga balapan usai. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual