Honda NSX GT3, Mobil Balap Ganas yang Ikut Mejeng di IIMS 2018

Berita Otomotif

Honda NSX GT3, Mobil Balap Ganas yang Ikut Mejeng di IIMS 2018

JAKARTA -  NSX GT3, mobil khusus trek balap yang diproduksi dan dijual terbatas, merupakan satu dari dua mobil istimewa Honda di panggung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Selain menampilkan debut global pada Small RS Concept, PT Honda Prospect Motor (HPM) memamerkan salah satu mobil eksotis andalannya Honda NSX GT3.  Mobil berdesain sporty dan kencang di lintasan balap ini telah menjadi DNA Honda selama bertahun-tahun.

"Melalui pameran ini kami ingin mengajak pengunjung mengenal lebih dekat salah satu mobil balap kami yakni Honda NSX GT3. Pengunjung juga dapat mencoba simulasi berkendara NSX GT3 melalui virtual reality untuk merasakan pengalaman balap yang menyenangkan,” kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor Jonfis Fandy.

NSX GT3 merupakan mobil balap hasil desain Honda R&D Jepang yang berkolaborasi dengan JAS Motorsport dari Milan, Italia. Pengembangannya juga melibatkan Honda Performance Development (HPD).

Perancangannya dilakukan di Jepang serta Eropa, sementara perakitannya dilaksanakan di Italia. Honda kemudian mengujinya di sebuah lintasan balap di Santa Clarita, California. Proses riset dan pengembangan dilakukan hingga penghujung 2015 dengan pengetesan berjarak tempuh hingga 85.000 km.

Spesifikasi terbilang ganas. Bodinya yang berdimensi panjang 4.612 mm dan lebar 2.040 mm berpostur lebar untuk memaksimalkan aerodinamika. Sasisnya dibuat dari material aluminium ringan sehingga bobotnya cuma 1.240 kg.

Sistem penggerak NSX GT3 mengandalkan mesin 3.5 liter Twin-Turbocharged V6 yang dimodifikasi demi memenuhi persyaratan Federation Internationel de l’Automobile (FIA). Mesinnya menggunakan spesifikasi sama dengan NSX, meliputi block, heads, valve train, crankshaft, piston dan dry-sump lubrication system. Honda menjodohkan mesin balap itu dengan transmisi XTRAC semi otomatis 6 percepatan yang mengirimkan daya ke penggerak roda belakang.

NSX GT3 sudah berhasil menjuarai Detroit Grand Prix tahun lalu. Mobil gahar satu ini pun telah memperoleh izin balap di lebih dari dua lusin kompetisi FIA di seluruh dunia. Sebut saja di antaranya ialah GT Blancpain, Nurburgring 24 Hour Race, Super GT FR300 Class dan Pirelli World Challenge.

Di musim balap pertama 2018, NSX GT3 mulai diproduksi terbatas sebanyak 12 unit untuk para pecinta mobil balap di seluruh dunia. Mobil tersebut akan dipasarkan di Eropa, Asia dan Amerika Selatan dibawah naungan JAS Motorsport.

Pemasaran di Amerika Utara dilakukan Honda Performance Development (HPD). Di Jepang, pemasaran ditangani Mugen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual