Mitsubishi Xpander Tipe Ini Kena Recall, Pemiliknya Disarankan Segera ke Bengkel

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Tipe Ini Kena Recall, Pemiliknya Disarankan Segera ke Bengkel

JAKARTA – Mitsubishi Xpander edisi khusus untuk pasar Indonesia mengalami recall, karena masalah pada pemasangan fitur spesialnya.

Recall (penarikan dan perbaikan unit gratis) yang digelar Mitsubishi kali ini tepatnya ditujukan bagi Xpander Cross.

Adapun tipenya, ialah Rockford Fosgate Black Edition produksi 2021. Model edisi khusus ini baru saja meluncur pada Juni kemarin.

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021

Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, dalam pernyataan resmi yang diterima Mobil123.com, Kamis (21/10/2021) sore, mengatakan pihaknya telah melaporkan aktivitas recall tersebut kepada Kementerian Transportasi.

Mereka pun sudah memberitahu serta mengundang para pemilik Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition untuk segera mengunjungi jaringan bengkel resmi.

Recall ini sudah diselenggarakan sejak 4 Oktober 2021 dengan cakupan seluruh Indonesia.

“Kami yakin dan berharap pelanggan kami memahami dengan baik bahwa aktivitas recall produk adalah cara yang tepat untuk memastikan mobil layak jalan, sehingga mereka terlindungi dari masalah tidak terduga,” ujar Nakamura.

“Konsumen dengan unit terlibat dan telah menerima undangan resmi agar tidak ragu untuk berpartisipasi dalam aktivitas ini,” imbaunya.

Pencopotan Fitur AVM dalam Recall Xpander 2021

Penyebab recall Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition produksi 2021 sendiri terletak pada Around View Monitor (AVM) miliknya. Pemasangan fitur yang hanya ada pada Xpander Cross edisi khusus ini berpotensi menimbulkan masalah pada sistem lampu sein dan lampu hazard.

Selain itu, pemasangan AVM di Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition produksi 2021 juga berpotensi menganggu jalur komunikasi serta informasi antar Electronic Control Unit (ECU) kendaraan. Dengan demikian, ada kemungkinan mesin berhenti bekerja ketika sedang dikendarai.

Interior Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021

Fitur tersebut akhirnya perlu dilepas di bengkel resmi.

“Aktivitas ini dilakukan dengan melepas komponen AVM yang terpasang pada mobil terlibat,” pungkas Nakamura.

Selain berbeda sendiri dari tipe-tipe reguler karena penyematan fitur AVM, Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition rakitan 2021 juga diberikan diferensiasi dari sisi tampilan.

Pada eksterior, terdapat Black Alloy Wheel, Black Door Mirror, Black Beltline Molding, Black Roof Rail, Rear Tailgate Garnish, dan Emblem Rockford Fosgate Black Edition.

Adapun interiornya diberikan All Black Leather Seats dan Rockford Fosgate Audio System. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar