Mitsubishi Xpander Dinanti Blue Bird untuk Jadi Armada Taksi

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Dinanti Blue Bird untuk Jadi Armada Taksi

JAKARTA – Mitsubishi hingga kini belum menawarkan Xpander kepada Blue Bird untuk dijadikan armada taksi. Namun, Blue Bird dengan senang hati mempelajarinya jika tawaran itu datang.

Operator taksi bereputasi baik di Indonesia tersebut saat ini mengincar multi purpose vehicle (MPV) dalam peremajaan ribuan unit taksi lawas pada tahun ini. Blue Bird sudah menjalin kerja sama dengan Toyota untuk distribusi Avanza Transmover, tetapi tetap membuka kemungkinan menggunakan MPV dari merek lain.

Sementara itu, foto Xpander versi taksi Blue Bird sudah beredar di media-media sosial sejak akhir 2017, tak lama setelah pesaing berat Avanza tersebut menjadi fenomena baru setelah meluncur pada 10 Agustus. Blue Bird memastikan gambar tersebut bukan bersumber dari mereka dan Mitsubishi hingga detik ini sama sekali belum menjalin komunikasi dengan mereka untuk menjadikan Xpander sebagai taksi.

“Belum ada penawaran. Kalau fotonya ada. Tapi foto itu bukan dari kami,” ujar Direktur PT. Blue Bird Andre Djokosoetanto pada Senin (26/3/2018) menjawab pertanyaan Mobil123.com usai penandatanganan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata di Mampang, Jakarta.

Meski demikian, operator taksi yang identik dengan warna biru keperakan itu terbuka pada segala kemungkinan.

“Kami selalu melihat dan mencoba berbagai jenis kendaraan yang memang memungkinkan dan sesuai dengan tipe kami. Semua agen pemegang merek yang punya kendaraan MPV untuk taksi, kami pasti akan pelajari,” tandas Andre.

Sebanyak 80-90 persen dari ribuan taksi lawas model sedan Blue Bird rencananya diganti dengan MPV. Perusahaan publik ini sedang mengujicobakan MPV Wuling Confero sebagai alternatif dari Avanza Transmover.

Xpander sendiri telah menjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi yang baru. Pada 2017, data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan MPV bernuansa sport utility vehicle (SUV) tersebut berhasil terdistribusikan sebanyak 13.070 unit, dari total inden 50 ribu unit.

Pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi yang baru beroperasi pada April dan belum bisa berjalan maksimal menjadi penghalang pabrikan asal Jepang ini memenuhi inden Xpander, meskipun mereka sudah mempersiapkan kapasitas produksi 80 ribu unit per tahun bagi model tersebut. Mitsubishi pada 2018 kemudian fokus memenuhi inden yang terus berjalan dan pada dua bulan pertama sudah mengirimkan 14.479 unit ke pasar.

Target penjualan Xpander pada 2018 ialah 70 ribu unit atau 50 persen dari total proyeksi penjualan mereka untuk kendaraan penumpang dan niaga ringan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual