Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Melihat Persiapan Mobil Bekas Taksi untuk Dijual Kembali

Berita Otomotif

Melihat Persiapan Mobil Bekas Taksi untuk Dijual Kembali

JAKARTA – Masa bakti mobil di masing-masing perusahaan taksi tentu berbeda-beda. Untuk di PT Blue Bird Tbk sendiri, masa bakti tersebut mencapai 5 tahun.

Setelah masa bakti berakhir, maka unit-unit tersebut nantinya akan dijual pada masyarakat setelah melalui perbaikan. Hal ini disampaikan oleh Hery Sugiarto, General Manager Used Car Division PT Blue Bird Tbk siang hari tadi.

“Perbaikan ini dilakukan oleh teknisi kami. Teknisi di Blue Bird terbagi 2 yaitu teknis dan kecantikan. Untuk teknis meliputi mesin, kelistrikan dan sebagainya. Sementara untuk teknisi kecantikan itu detailing termasuk cat dan sebagainya,” ungkapnya.

Untuk bisa menjadikan mobil taksi menjadi mobil penumpang biasa dan layak jual, Blue Bird biasanya membutuhkan waktu sekitar 7 hari. Waktu tersebut sudah termasuk perawatan eksterior, interior dan beberapa kali Quality Control.

“Yang pertama dilakukan adalah dengan mencopot seluruh kelengkapan taksi seperti mahkota, stiker hingga argo. Kemudian perbaikan eksterior dulu kalau misal ada yang baret, itu diperbaiki dahulu,” ungkap Eko Joko Sudarto, Asisten Manager Bengkel di PT Blue Bird Tbk Warung Buncit.

Setelah eksterior, maka teknisi akan mulai memperbaiki interior. Perbaikan yang biasanya dilakukan adalah bila pelapis jok retak atau plafon terkena rokok, maka langsung diganti. Setelah itu, mobil akan masuk ke salon.

“Setelah dari salon, mobil masuk ke perbaikan teknik. Teknik meliputi mesin, balancing dan sebagainya. Bila sudah selesai kita melakukan final check. Final chek dilakukan dengan memeriksa mobil sejak proses pertama. Kepala bengkel memeriksa lalu ke koordinator, baru ke GM lalu terakhir ke marketing,” ungkapnya.

Meski sudah melalui beberapa proses, namun pembeli biasanya masih merasa ada yang kurang. Hal ini dikarenakan pembeli membandingkannya dengan mobil baru.

“Maka dari itu kami mengacu ke mobil baru. Walau bekas, tapi kami akan mengusahakan agar mobil memiliki kualitas seperti mobil baru,” tutupnya.

PT Blue Bird Tbk saat ini sedang melakukan promo terhadap mobil-mobil bekas taksi miliknya. Setidaknya, ada 50 mobil Mercedes-Benz E 200 Compressor yang dijual dengan harga Rp 180 juta. Dijualnya mobil-mobil tersebut karena Blue Bird sedang melakukan peremajaan terhadap mobil-mobil yang digunakan Silver Bird sejak tahun 2011. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123                                                                                               
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang