Mitsubishi Xpander Dilengkapi Active Stability Control dan Hill Assist

Mobil Baru

Mitsubishi Xpander Dilengkapi Active Stability Control dan Hill Assist

JAKARTA - Bocoran terakhir yang Mobil123.com dapatkan adalah Mitsubishi Xpander varian tertinggi sudah dilengkapi fitur keselamatan cukup lengkap.

Tercatat ada 3 fitur keselamatan yang ada di small MPV terbaru dari Mitsubishi ini. Fitur-fitur ini konon terdapat pada varian Mitsubishi Xpander Sport dan Ultimate. 

Pertama adalah ASC (Active Stability COntrol) +TCL (Traction Control Logic). Fitur ini juga telah digunakan oleh model-model Mitsubishi lainnya dan sangat membantu pengemudi dalam mengendalikan mobil pada kondisi tertentu.

Kerja dari Kombinasi fitur ini adalah saat ban kehilangan traksi saat kondisi jalan tidak normal seperti basah, berpasir atau saat bermanuver di tikungan. Tenaga pada masing-masing ban (sesuai dengan kondisi) akan otomatis tereduksi saat sensor membaca dan mengkalkulasi pergerakan kendaraan saat ban kehilangan traksi. 

ECU akan memerintahkan rem ABS untuk melakukan pengereman otomatis yang tekanannya disesuaikan dengan kondisi jalan dan laju kendaraan. Hal ini tentunya akan membuat pengemudi dengan mudah mengendalikan mobil dan memiliki peluang sangat besar untuk lolos dari kecelakaan. 

Kedua adalah Brake Assist (BA). Fitur ini berguna saat pengemudi tiba-tiba melakukan pengereman mendadak atau emergency stop. BA akan bekerjasama dengan sistem rem ABS untuk membuat rem bekerja sangat efektif. Pada kondisi ini BA dapat mencegah roda mengunci sehingga mencegah mobil tergelincir sehingga dapat berhenti lebih cepat dengan jarak yang lebih pendek. 

Yang terakhir adalah Hill Assit. Fitur ini bekerja untuk mencegah mobil tergelincir ke belakang  dalam beberapa saat. Kondisi ini dapat terjadi karena perintah ECU ke sistem rem untuk tetap bekerja 2-3 detik meski pedal rem tidak diinjak.

Fitur ini tentunya membuat pengemudi lebih mudah dalam berkendara terlebih mobil masih menggunakan transmisi manual. Proses perpindahan gigi dalam kondisi menanjak bisa dilakukan dengan lebih santai. Kerja Hill Assit mendapat dukungan dari fitur ASC dan TCL.

Dan untuk diketahui, Mitsubishi Xpander telah mendapatkan predikat standar keselamatan tingkat ASEAN NCAP. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual