Mitsubishi Tak Heran DFSK Ingin Gempur Pasar SUV Indonesia

Berita Otomotif

Mitsubishi Tak Heran DFSK Ingin Gempur Pasar SUV Indonesia

JAKARTA – Mitsubishi menganggap rencana Dongfeng Sokon (DFSK) untuk fokus di segmen sport utility vehicle (SUV) Indonesia amat lumrah mengingat tren pasar mengarah ke sana.

Seperti diberitakan sebelumnya, DFSK mengumumkan bahwa mereka hanya akan menggarap segmen SUV Indonesia dalam jangka menengah. Pabrikan mobil asal China yang mulai memasarkan mobil mereka sejak 2018 ini sendiri membuka kemungkinan melirik segmen lain setelah itu.

DFSK pun mempunyai potensi untuk berhadap-hadapan langsung dengan Mitsubishi di pasar otomotif Tanah Air. Pasalnya, Mitsubishi Motors Corporation sudah mengumumkan bahwa salah satu fokus pengembangan produk mereka untuk pasar global adalah SUV, selain mobil listrik dan sistem teknologi masa depan.

Ogi Ikematsu, Director of Coordination and Development Division PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), saat diwawancarai pada Senin (10/12/2018) menilai keputusan DFSK tidak aneh. Pasalnya, tren otomotif dunia, termasuk Indonesia, mengarah ke SUV dan merek-merek global lain juga mengikutinya.

Karena itu, ia menganggap Mitsubishi tidak hanya akan berhadap-hadapan dengan DFSK di Indonesia tapi juga merek-merek selain itu seperti Wuling, Toyota, Honda.

“Bahkan Mercedes-Benz dan BMW juga menciptakan model-model SUV. Jika dilihat lebih dari 10 tahun lalu, tidak ada SUV di kedua di Mercedes-Benz maupun BMW. Tapi, sekarang begitu banyak model SUV di merek apa pun,” ujar Ikematsu di Jakarta.

DFSK sendiri menerjunkan medium SUV tujuh penumpang Glory 580 sebagai model kendaraan penumpang perdana mereka di Indonesia. Pada tahun depan, mereka bersiap menambah lagi varian Glory 580 serta meluncurkan model SUV kedua yang juga berkapasitas tujuh penumpang namun berbanderol lebih murah.

SUV, Mobil Listrik dan Sistem
Bambang Kristiawan, Head of PR and CSR Department MMKSI, menjelaskan bahwa fokus Mitsubishi di SUV bukan berarti 100 persen produk mereka nantinya adalah SUV. Yang diinginkan pabrikan berlogo tiga berlian ini adalah produk-produk dengan pengalaman berkendara seperti SUV (SUV experience).

Filosofi ini sendiri di Indonesia sudah terlihat di Xpander, multi purpose vehicle (MPV) rakitan pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi yang berdesain amat mirip SUV.

“Branding kami adalah SUV, mobil listrik, dan sistem. Ini adalah nilai kami. Jadi produk-produk Mitsubishi ke depan bukan maksudnya SUV saja tapi semua produknya itu memiliki pengalaman SUV, pengalaman mobil listrik dan pengalaman sistem teknologi baru seperti mobil otonom dan lain-lain,” paparnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar