Mitsubishi Terus Berjuang Tingkatkan Penjualan Outlander Sport

Berita Otomotif

Mitsubishi Terus Berjuang Tingkatkan Penjualan Outlander Sport

JAKARTA – Mitsubishi masih terus berjuang untuk meningkatkan penjualan Outlander Sport di pasar Indonesia yang mengalami tren penurunan.

Irwan Kuncoro, Sales and Marketing Director PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengakui penjualan Outlander Sport memang mengalami tren penurunan. Mitsubishi sendiri saat ini masih melanjutkan  program penjualan yang mereka mereka gelar di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada Agustus kemarin untuk mendorong performa sport utility vehicle (SUV) bermesin bensin 2.0-liter ini.

“Outlander Sport memang terus kami promosikan. Memang, belum ada perubahan tapi kami masih punya konsumen yang melihat Outlander Sport sebagai pilihannya. Untuk Outlander Sport sejak GIIAS kemarin ada program penjualan. Itu yang kami lanjutkan,” tandas Irwan meladeni pertanyaan Mobil123.com dalam wawancara baru-baru ini di Jakarta.

Adapun program promosi itu, sambung dia, adalah pemberian voucher belanja serta lucky dip. Berdasarkan penelusuran, voucher belanja yang diberikan Mitsubishi untuk setiap pembelian Outlander Sport di pameran otomotif bulan lalu bernilai Rp 10 juta.

Irwan tidak menyebut ada diskon spesial bagi Outlander Sport. Ia menjelaskan bahwa diskon secara umum bukan lah strategi andalan Mitsubishi dalam mendongkrak penjualan.

“Diskon itu, kan, strategi penjualan. Tapi, kalau saya lihat, Mitsubishi  lebih tidak menjadikan diskon sebagai strategi utama. Jadi, itu tergantung situasi, kondisi pasar, area. Tapi secara umum diskon bukan strategi utama mitsubishi,” klaimnya.

Sebagai informasi, Outlander Sport pertama kali meluncur di Indonesia sejak 2012 dan berhasil terjual 5.118 unit di tahun pertama, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Akan tetapi, transaksi jual-belinya berangsur menurun di tahun-tahun berikutnya yaitu 4.706 unit (2013), 3.888 (2014), 2.290 unit (2015), 1.812 unit (2016) dan 930 unit (2017).

Penurunan sendiri sejatinya tak cuma dialami oleh Outlander Sport tapi juga medium SUV lain semisal Nissan x-Trail 2.0. Pabrikan-pabrikan, dalam beberapa wawancara dengan Mobil123.com, menganalisa bahwa penurunan ini disebabkan oleh kemunculan model-model medium SUV bermesin lebih kecil dari 2.0-liter dengan harga lebih murah, tapi mempunyai fitur tak kalah dari para pendahulunya.

Tak heran, meski generasi baru Outlander Sport sudah muncul di pasar global sejak tahun lalu, pasar Indonesia belum juga mendapatkannya. All-New Outlander Sport ini sendiri sudah tampil dengan grille depan Dynamic Shield yang menjadi ciri khas kekinian mobil-mobil Mitsubishi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support