Mitsubishi: Soal Mobil Listrik, Indonesia Akan Lihat Sesuatu dari Kami di 2019

Berita Otomotif

Mitsubishi: Soal Mobil Listrik, Indonesia Akan Lihat Sesuatu dari Kami di 2019

JAKARTA – Mitsubishi punya kejutan untuk Indonesia tahun ini perihal mobil listrik. Tentu saja, detailnya masih mereka tutup rapat-rapat.

Era mobil listrik kemungkinan besar akan mulai masuk ke Indonesia dalam hitungan pekan atau bulan. Pasalnya regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) untuk merangsang terciptanya permintaan terhadap mobil listrik (termasuk mobil hybrid) diekspektasikan terbit pada Maret atau April, meski konon insentif pajak yang membuatnya berharga lebih murah baru efektif berlaku pada 2021.

Menanggapi perkembangan ini, Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan Mitsubishi termasuk salah satu pabrikan otomotif paling maju dalam hal riset dan pengembangan mobil berteknologi tersebut. Ia melihat arah tren global yang menuju mobil listrik juga membuat pemerintah Indonesia memang harus mengembangkan industri maupun pasarnya di negara ini.

“Tentu kami juga melakukan diskusi dengan pemerintah untuk terus melanjutkan program kendaraan listrik di Indonesia. Secara paralel, kami mempersiapkan pula peluncuran mobil listrik kami di pasar Indonesia. Itu bakal terjadi segera jadi Anda bisa melihat sesuatu dari kami tahun ini. Tunggu saja,” papar Nakamura menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam Annual Media Gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sayang, ketika diwawancarai lebih lanjut di sela-sela acara, ia tidak mau menjelaskan lebih lanjut mengenai hal itu. Ia hanya mengatakan bahwa Mitsubishi ‘tidak akan membuat publik menunggu terlalu lama’.

“Saya sebetulnya ingin membicarakannya dengan Anda, tapi saya dilarang Mitsubishi Motors Corporation (MMC),” tandasnya.

Saat ini merek berlogo tiga berlian tersebut mempunyai dua mobil listrik di pasar global. Model pertama adalah mobil listrik murni i-MiEV, sedangkan yang kedua ialah Outlander Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Bicara kemungkinan, yang paling besar peluangnya untuk meluncur di Indonesia di antara keduanya adalah Outlande PHEV. Soalnya, sudah sejak beberapa tahun lalu Mitsubishi mengutarakan niat membawanya ke Indonesia, tapi batal karena hambatan harga jual maupun regulasi.

Sejak pemerintah menyusun regulasi LCEV beberapa tahun belakangan, Mitsubishi juga selalu memamerkan Outlander PHEV dalam pameran otomotif nasional. Mereka juga mendonasikan dua model mobil listrik mereka kepada regulator untuk keperluan studi.

Pabrikan yang bermarkas di Tokyo ini sempat pula mengutarakan harapan dapat menjual Outlander PHEV mulai tahun ini di Nusantara. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar