Mitsubishi Punya Hutang Pengiriman 15 Ribu Xpander

Berita Otomotif

Mitsubishi Punya Hutang Pengiriman 15 Ribu Xpander

MEDAN – Mitsubishi mengungkapkan saat ini mereka masih punya hutang distribusi sekitar 15 ribu Xpander kepada konsumen di seluruh Indonesia dan mayoritasnya adalah varian termewah yakni Ultimate.

Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengklaim bahwa hingga akhir Oktober sudah ada kisaran 103 ribu konsumen yang memesan Xpander. Adapun total pengiriman sejauh ini 78 ribu unit.

“Kalau 103 ribu unit dikurangi 78 ribu unit, kan, sekitar 28 ribu unit. Tapi mungkin dari 103 ribu unit itu kami prediksi mungkin ada sekitar 10 persen yang melakukan cancel order karena tak mau menunggu lama. Asumsi kami, setelah dikurangi cancel, masih ada sekitar 15 ribu konsumen yang masih menunggu,” papar Imam menjawab pertanyaan Mobil123.com saat saat ditemui di Medan, Sumatera Utara.

Menurut Imam, kebanyakan dari ‘hutang’ Xpander adalah Ultimate. Karena itu, mereka yang memesan Ultimate saat ini harus sabar menunggu hingga dua bulan.

“Di November (produksi) sudah disesuaikan lagi, bagaimana fokus di Ultimate supaya inden tak terlalu lama,” ujarnya.

Sebagai informasi, Xpander menjalani debut global di Indonesia pada 10 Agustus 2017 dengan memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Low multi purpose vehicle (LMPV) berdesain amat dekat dengan sport utility vehicle (SUV) tersebut sudah dirakit secara lokal di pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Bekasi yang dioperasikan oleh PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Perpaduan antara respons pasar yang jauh melebihi perhitungan dan ketidaksiapan pabrik baru beroperasi maksimal membuat inden Xpander sempat sangat lama, bisa sampai setengah tahun. Tapi, dengan semakin siapnya pabrik ditambah penambahan kapasitas produksi Xpander berkali-kali, Mitsubishi kini mengklaim pemesanan 2017 sudah dipenuhi seluruhnya dan inden terkini adalah 1 – 2 bulan saja.

“Cancel order paling banyak terjadi di Juni kemarin, saat Lebaran. Memang di Juni, kan, semua orang berlomba-lomba ingin membawa kendaraan baru ke kampung halaman dan kami tidak bisa memenuhi 100 persen. Sedangkan mereka terdesak punya kendaraan. Tapi dengan kondisi berjalan, konsumen sudah mengetahui kondisi inden 1 – 2 bulan sudah menunggu. Sebelumnya kami banyak melakukan keep warm strategi agar mereka mau tetap menunggu,” tandas Imam.

Saat ini Xpander dijual dalam delapan varian dengan rentang harga on-the-road Jakarta Rp 201,1 juta - 255,9 juta. Mitsubishi juga baru saja merilis Xpander GLX plus Ultimate Model Year 2019 dengan fitur-fitur baru. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar