Mitsubishi Xpander GLX Kini Punya Double Blower, Ultimate Ada Cruise Control

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander GLX Kini Punya Double Blower, Ultimate Ada Cruise Control

JAKARTA – Mitsubishi Xpander varian GLX kini punya fitur AC Double Blower, begitu pula varian Ultimate yang sekarang memiliki Cruise Control. Kenapa hanya dua itu yang mengalami penambahan fitur?

Seperti diberitakan sebelumnya, Mitsubishi menaikkan harga dua varian Xpander, GLX serta Ultimate, yang notabene merupakan tipe terbawah dan termewah. Masing-masing naik Rp 2 juta serta Rp 500 ribu per 1 Oktober karena penambahan fitur-fitur baru.

Secara rinci, varian GLX dibubuhi AC Double Blower serta penutup pelek. Adapun varian Ultimate mulai bulan ini dilengkapi Cruise Control plus engine cover.

Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan bahwa perubahan pada GLX dilakukan terkait kebutuhan konsumen fleet yang kini ingin digarap Xpander. Di sisi lain, penambahan pada Ultimate terjadi karena permintaan konsumen-konsumennya yang menginginkan spesifikasi sama dengan Xpander untuk pasar ekspor.

“Seperti diketahui, segmen pasar untuk varian GLX ini banyak di konsumen fleet. Berdasarkan masukan konsumen, mereka membutuhkan AC Double Blower karena dipergunakan untuk kendaraan operasional segmen (karyawan) yang lebih tinggi,” papar dia kepada Mobil123.com melalui pesan singkat pada Selasa (16/10/2018).

Sebagai informasi, Xpander, yang meluncur pada Agustus 2017, mulai tahun ini memang ingin lebih menancapkan kuku di sektor fleet. Xpander dinilai potensial menjadi mobil sewaan di perusahaan-perusahaan rental maupun mobil dinas bagi korporasi di bermacam sektor.

Terdapat dua tipe yang diandalkan untuk sektor fleet yakni GLX—yang hanya terdiri dari transmisi manual—serta GLS transmisi manual. Xpander sendiri terdiri dari lima varian dan delapan tipe yaitu GLX M/T, GLS M/T, GLS A/T, Exceed M/T, Exceed A/T, Sport M/T, Sport A/T dan Ultimate A/T.

Cruise Control
Sementara itu, penyematan Cruise Control pada Xpander tipe Ultimate terkait dengan desakan agar spesifikasi untuk pasar Indonesia dengan pasar ekspor tak terlalu jauh. Varian Ultimate sebagai varian tertinggi kemudian dipilih.

“Itu salah satu pertimbangan kami. Selain itu, Kami ingin Xpander mempunyai spesifikasi yang unggul di segmennya (low multi purpose vehicle (LMPV),” tandas Imam.

Sayangnya, Imam menegaskan empat varian lain tidak akan diubah sementara ini. Publik Indonesia harus sabar menanti varian-varian pertengahan Xpander berfitur lebih komplet.

“Sampai saat ini belum ada rencana,” tutupnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar