Mitsubishi Xpander Sempat Turun Permintaannya Jadi 4.000 unit per Bulan

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Sempat Turun Permintaannya Jadi 4.000 unit per Bulan

JAKARTA – Mitsubishi Xpander ternyata sempat turun penjualannya, tapi kemudian diklaim naik lagi karena berbagai kampanye yang dilakukan.

Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning and Communication Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), membeberkan bahwa permintaan Xpander sempat turun menjadi sekitar 4.000 unit per bulan di awal tahun fiskal 2018. Namun, penjualan mereka tetap bagus karena pemenuhan inden panjang Xpander yang sempat terjadi di awal kehadirannya.

“Tapi sejak Juli permintaan sudah naik lagi. Sudah 7.000-an unit lagi per unit. Pemicunya program penjualan, program promosi agar Xpander tetap bisa jadi top of mind brand di segmen low multi purpose vehicle (LMPV),” tandas dia dalam wawancara dengan Mobil123.com pada akhir pekan kemarin di Jakarta.

Mitsubishi memang menggelontorkan banyak uang untuk promosi Xpander. Pada kuartal ketiga saja, pabrikan berlogo tiga berlian itu menghabiskan lebih dari Rp 105 miliar untuk iklan televisi Xpander.

Penjualan wholesales Xpander Januari – September 2018 sendiri, menurut klaim Mitsubishi, mencapai 60.717 unit. Hingga bulan kesembilan tahun ini Xpander masih memegang takhta mobil terlaris, baik di segmennya maupun di pasar otomotif secara keseluruhan.

Tak Mudah Terus Nomor Satu
Intan mengakui jalan Xpander mempertahankan status mobil terlaris Indonesia tak akan mudah, khususnya di tahun kedua. Apalagi, model yang berdesain mirip dengan sport utility vehicle (SUV) ini dihadang tak hanya oleh sesama MPV, tapi juga dari model-model SUV berbanderol Rp 200 – 300 jutaan seperti All-New Rush.

“Kalau dilihat dari data penjualan, memang di tahun kedua setelah peluncuran pasti ada penurunan karena banyak hal. Kalau tahun pertama emotional buyer banyak, kemudian kompetisinya juga dengan produk yang sudah eksis. Tahun kedua, yang dilawan adalah produk yang baru keluar, emotional buyer juga sudah  turun. Artinya oraang lebih membeli berdasarkan kebutuhan,” paparnya

Sebagai informasi, Mitsubishi Xpander sudah dirakit secara lokal di pabrik Cikarang, Bekasi. Dengan atensi yang bagus di pasar domestik maupun ekspor, kapasitasnya terus ditambah hingga nantinya menjadi 160 ribu unit di 2020.

Saat meluncur tahun lalu, Xpander ditawarkan dalam enam varian. Tapi, dua varian tambahan menyusul diperkenalkan pada Agustus 2018. Setelah lima kali naik harga tahun ini, Xpander dijual mulai Rp 201,1 juta – 255,9 juta on-the-road Jakarta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar