Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mitsubishi Disebut akan Produksi Mobil Listrik Kecil di Indonesia

Berita Otomotif

Mitsubishi Disebut akan Produksi Mobil Listrik Kecil di Indonesia

JAKARTA – Mitsubishi disebut bakal merakit mobil listrik kei car yang berdimensi kecil di Indonesia, untuk mendukung program pemerintah.

Para perwakilan pemerintah Indonesia telah mengakhiri lawatan ke berbagai negara sejak Juni 2022. Di samping mengunjungi Jepang, mereka antara lain juga mengunjungi Korea Selatan serta China.

Salah satu hasil dari kunjungan ke Jepang, menurut keterangan resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang dirilis akhir pekan lalu, adalah komitmen investasi Mitsubishi Motors Corporation (MMC) maupun dukungan mereka terhadap keinginan pemerintah mengakselerasi industri serta pasar kendaraan listrik.

Mitsubishi, menurut Kemenperin, nantinya memproduksi mobil listrik dari segmen kei car di Tanah Air.

>>>>> Cek deretan mobil Mitsubishi Xpander terbaru area Surabaya di sini!
Sekadar menginformasikan, kei car merupakan segmen untuk kendaraan-kendaraan kompak dengan kapasitas mesin kecil (di bawah 1.000 cc) di Jepang. Sekarang, kei car versi listrik dengan jarak tempuh sekitar 100-200 km juga sudah hadir di ‘Negeri Matahari Terbit’.

Tidak dijelaskan, apa model mobil listrik kei car Mitsubishi yang kelak dirakit di pabrik Cikarang, Bekasi. Jika melihat daftar produk saat ini di situs global, jenama yang bermarkas di Tokyo itu punya dua model kei car listrik.

Satu adalah Mitsubishi eK X EV yang di Indonesia dijuluki sebagai ‘Mitsubishi Xpander versi kecil’. Adapun lainnya ialah Mitsubishi Minicab MiEV.

Jika eK X EV menyasar segmen kendaraan penumpang, Minicab MiEV ialah kendaraan niaga yang sempat dipamerkan dan dijajal langsung Presiden Joko Widodo di sela-sela pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

eK X EV sekarang ‘dipersenjatai’ dengan baterai berdaya 20 kWh yang mampu menyuplai energi untuk daya jelajah sampai dengan 180 km (pengetesan metode WLTC 5).

Mobil listrik mungil ini punya fitur Fast Charging yang membuat pengisian daya baterai 80 persen hanya membutuhkan waktu maksimal 40 menit.

Sementara itu, Minicab MiEV didukung baterai berkapasitas 16 kWh. Adapun jarak tempuhnya bisa menyentuh 150 km.

Di depan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jepang, MMC menegaskan pula komitmen investasi tambahan dengan nilai setara Rp10-11 triliun sejak 2022-2025.

Ini ditujukan bagi penambahan kapasitas produksi pabrik Cikarang dari 220 ribu unit menjadi 250 ribu unit per tahun, juga untuk memproduksi berbagai model—termasuk di antaranya Mitsubishi Xpander hybrid yang infonya sudah bocor sejak beberapa tahun terakhir. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang